Tiga Desa di KBB Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti

Ada ribuan warga yang terdampak kebulan asap kebakaran

Bandung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat masih melakukan penanganan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan BPBD Jabar, Bambang Imanudin mengatakan, saat ini Pemprov Jabar segera mengaktifkan Sistem Komando Penanggulangan Bencana Daerah (SKPDB). Hal itu dilakukan lantaran kebulan asap berdampak ke masyarakat.

"Iya ini berdampak, jadi asap ini sudah berdampak ke tiga desa yaitu Rajamandala, Mandalasari, dan Cipatat dengan 3.000-12.000 orang yang terdampak asap ini," ujar Bambang, Rabu (23/8/2023).

1. BPBD sudah berkoordinasi dengan Damkar kabupaten dan kota di Bandung Raya

Tiga Desa di KBB Terdampak Kebakaran TPA SarimuktiKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Berdasarkan perkembangan terbaru penanganan kebakaran TPA Sarimukti, Bambang mengungkapkan sudah ada sembilan unit kendaraan pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi untuk memberhentikan kabaran api.

"Dari awal kita sudah kordinasi dengan Damkar se-Bandung Raya, dan kemarin sudah ada sembilan (unit) diterjunkan tapi masih kurang. Target kami 30 mobil pemadam diterjunkan," katanya. 

2. Pemkab Bandung Barat didesak terbitkan SK darurat

Tiga Desa di KBB Terdampak Kebakaran TPA SarimuktiKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Selain itu, Bambang juga mengatakan bahwa BPBD Jabar telah mendorong Pemerintah KBB untuk segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Tanggap Darurat. Hal itu ia rasa akan mempermudah bantuan dari pemerintah pusat.

"Petugas sudah kami terjunkan untuk assesments dan mengambil kebijakan sehingga mudah-mudahan ada SK tanggap darurat biar kita bisa mengajukan (bantuan) ke BNPB," ungkapnya.

3. BPBD Jabar akan terus koordinasi dengan Damkar Bandung Raya

Tiga Desa di KBB Terdampak Kebakaran TPA SarimuktiPengangkutan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. IDN Times/Bagus F

Meski begitu, Bambang menambahkan, BPBD Jabar akan terus melakukan koordinasi dalam penanggulangan kebakaran di TPAS Sarimukti bersama dengan tim pendam kebakaran di Bandung Barat. Sebab peristiwa ini masih masuk kewenangan pemkab setempat.

"Kita akan tetap kordinasi dengan Dinas Damkar karena ini kebakaran, tapi kita juga terus kordinasi untuk penambahan mobil pemadam, dan mendorong SKPDB," kata dia.

Baca Juga: Kebakaran TPA Sarimukti, Ridwan Kamil Minta Tetapkan Status Darurat

Baca Juga: Terus Meluas, Petugas Kewalahan Padamkan Kebakaran di TPA Sarimukti

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya