Kebakaran TPA Sarimukti, Ridwan Kamil Minta Tetapkan Status Darurat

Bupati Hengky Kurniawan juga harus berkoordinasi dengan BNPB

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil meminta Bupati Kabupaten Bandung Barat, Hengky Kurniawan menetapkan status darurat atas peristiwa kebakaran di TPA Sarimukti sejak Sabtu (19/8/2023) hingga saat ini.

Dengan kondisi kobaran api yang masih melahap gunungan sampah. Emil mengatakan, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan harus berkomunikasi dengan Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani kebakaran di TPA Sarimukti.

"Ya sudah saya mintakan Pak Hengki dulu di level ini untuk menyatakan darurat. Supaya BNPB bisa hadir," kata Emil saat diwawancarai, Rabu (23/8/2023).

1. Pemadaman mengalami kendala akses

Kebakaran TPA Sarimukti, Ridwan Kamil Minta Tetapkan Status DaruratKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Menurut Emil, kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Sarimukti ini diduga bersumber dari puntung rokok. Saat ini, upaya pemadaman mengalami kendala karena luasnya area TPA Sarimukti, sehingga alat berat maupun mobil pemadam sulit dikerahkan ke lokasi.

"Tadi malam kami koordinasi, karena alat-alat existing kita gak bisa menjangkau wilayah yang terlalu luas," ucapnya.

2. Sumber api berasal dari puntung rokok

Kebakaran TPA Sarimukti, Ridwan Kamil Minta Tetapkan Status DaruratKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Lebih lanjut, Emil menyinggung soal kedisiplinan masyarakat yang membuat kebakaran terjadi di TPA Sarimukti. Menurutnya, dengan kondisi cuaca seperti ini, puntung rokok bisa menjadi besar dan menimbulkan kebakaran.

"Itu tuh karena ada pemulung yang melempar puntung rokok, di area yang panas dan mudah terbakar, makanya kedisiplinan itu kuncinya. Kebakaran ini sedang kita selesaikan, insyaallah hari ini selesai," katanya.

3. DLH Jabar tutup sementara pembuangan sampah di TPA Sarimukti

Kebakaran TPA Sarimukti, Ridwan Kamil Minta Tetapkan Status Daruratinstagram.com/yobelnovianputra

Dia menambahkan, koordinasi dengan DLH Jawa Barat sebagai penanggung jawab TPA Sarimukti juga terus dilakukan. Saat ini akan ada pengaturan skema pembuangan sampah dari Bandung Raya ke Sarimukti. Adapun saat ini pembangunan sampah ke Sarimukti masih, ditutup.

"Ya nanti berdampak kesana, semua diatur agar pelayanan sampah tidak terganggu dan kebakaran bisa selesai," kata dia.

Baca Juga: Kebakaran di TPA Sarimukti Belum Padam, Pembuangan Sampah Terganggu

Baca Juga: TPA Sarimukti Kebakaran, Pemkot Bandung Optimalkan Pengolahan di TPS 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya