Terus Meluas, Petugas Kewalahan Padamkan Kebakaran di TPA Sarimukti

Kebakaran sudah terjadi selama lima hari

Bandung, IDN Times - Kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat belum juga padam. Api yang membakar tumpukan sampah terus menjalar dan meluas ke sejumlah daerah.

Peristiwa ini membuat petugas pemadam kebakaran gabungan kewalahan untuk memadamkan si jago merah yang sudah melahap sejak Sabtu, (19/8/2023).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana menuturkan, Diskar Bandung sudah mengirimkan tim secara bertahap ke Sarimukti. Pergantian personel pun dilakukan karena banyak petugas yang mulai alami sesak napas ketika bekerja memadamkan api di sana.

"Api sudah menyebar dan asapnya memang luar biasa sampai sesak. Walaupun pakai masker yang tebal tetap sesak, bahkan ada anggota yang sudah pakai alat bantu oksigen," kata Gungun saat dihubungi wartawan, Rabu (23/8/2023).

1. Bakal masuk status darurat

Terus Meluas, Petugas Kewalahan Padamkan Kebakaran di TPA SarimuktiDok. Humas Pemkot Bandung

Gungun menuturkan, karena api yang melahap Sarimukti sangat besar dan tersebar di sejumlah titik membuat petugas kesulitas memadamkan api dari bawah. Saking sulitnya pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) berencana menjadikan bencana ini tanggap darurat sehingga bisa meminta bantuan dari provinsi bahkan pemerintah pusat.

Harapannya ada bantuan pemadaman menggunakan alat bom air menggunakan pesawat, sebab sudah sangat sulit memadamkan api dari bawah menggunakan mobil pemadam.

"Cuman itu kembali ke pemda KBB, karena kalau dari Diskar Bandung ini sifatnya membantu. Walaupun memang kita juga ingin maksimal karena ada kebutuhan untuk ke sana (pembuangan sampah)," kata dia.

Untuk luasan lahan yang terbakar, Gungun belum bisa memastikan karena memang kebakaran ini tersebar du sejumah titik. Bahkan tim gabungan sempat melakukan penyekatan da mengambil tempat pengisian BBM karena khawatir meledak.

2. Lahan terbakar di sejumlah zona pembuangan sampah

Terus Meluas, Petugas Kewalahan Padamkan Kebakaran di TPA SarimuktiZona 1 TPPAS Sarimukti (istimewa)

Sebelumnya, Kepala UPTD PSTR DLHK Provinsi Jawa Barat Arief Perdana mengatakan area lahan di Sarimukti yang terbakar sudah mencapai tujuh hektare. mulanya api hanya berada di zona empat, namun terhitung empat hari api belum padam sehingga kebakaran juga melanda zona dua dan tiga.

"Api terus menjalar sekarang hampir tujuh hektar yang terbakar. Area yang terbakarnya di zona 2, 3, dan 4. Tapi zona 4 sudah berhasil padam," ujar Arief.

Sedikitnya ada delapan unit mobil pemadam dikerahkan untuk menaklukkan titik api di tiga zona pembuangan sampah itu. Pengelola juga mengerahkan empat unit ekskavator untuk membuat parit agar api tidak menjalar ke area lebih luas.

"Segala upaya telah dilakukan oleh pengelola dan petugas kebakaran. Kita sudah buat parit untuk lokalisasi api, tapi karena di bawah galian parit bukan tanah, jadi api tetap menjalar," kata Arief.

3. Penutupan Sarimukti sampai batas waktu yang tidak ditentukan

Terus Meluas, Petugas Kewalahan Padamkan Kebakaran di TPA SarimuktiKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Menurutnya, penanganan kebakaran ini tidak bisa hanya dilakukan dengan mengerahkan mobil pemadam dan ekskavator saja. Arief bakal berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa Barat untuk percepatan penanggulangan kebakaran, salah satu opsi yakni mengerahkan pemadaman metode vertikal dengan mengerahkan helikopter water bombing.

Besarnya api yang membakar cukup mengkhawatirkan pengelola, sehingga mau tak mau dengan alasan keamanan operasional TPA Sarimukti ditutup sementara.

"Hari ini sudah mulai ditutup. Mudah-mudahan hari ini surat resmi penyetopan sementara sudah ditandatangani sekda. Jadi kalau ini masih membahayakan, ini akan tetap kami tutup sementara sampai batas tak ditentukan," tandasnya.

Baca Juga: TPA Sarimukti Kebakaran, Pemkot Bandung Optimalkan Pengolahan di TPS 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya