Temuan Kerangka Manusia di Bandung, Polisi Cari Identitas Mayat

Kerangka manusia itu ditemukan dalam posisi duduk di sofa

Bandung, IDN Times - Penemuan kerangka manusia di dalam rumah milik Johan Rismana di Jalan Sukamenak Indah, blok I nomor 63, Desa Sayati, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung pada Selasa (14/1) malam, sempat menggegerkan warga. Kerangka manusia yang belum diketahui identitasnya itu ditemukan Suherman dalam posisi duduk di sofa.

Hingga saat ini, kepolisian masih melakukan pendalaman untuk mengungkap siapa identitas mayat yang ditemukan sudah dalam bentuk kerangka tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga menyebutkan, kerangka manusia itu ditemukan di dalam rumah milik Johan Rismana. Kerangka itu ditemukan pertama kali oleh Suherman yang diperintahkan pemilik rumah untuk bersih-bersih.

"Rumah ini sudah lama kosong dan tidak ditempati. Saksi Suherman yang pertama kali menemukan saat hendak bersih-bersih rumah," kata Saptono saat dihubungi IDN Times melalui telepon genggam, Rabu (15/1).

Baca Juga: Kondisi Jenazah Lina Menurut Kesaksian Warga yang Memandikan

1. Berawal dari ART yang ditugaskan oleh pemiliknya untuk mengecek keadan rumah

Temuan Kerangka Manusia di Bandung, Polisi Cari Identitas MayatIDN Times/Azzis Zulkhairil

Erlangga menuturkan, awal mula penemuan diduga tulang belulang manusia itu pada saat saksi Suherman disuruh oleh pemilik rumah Johan Rismana untuk mengontrol dan bersih-bersih pekarangan rumah.

Setelahnya tiba di TKP pada hari Selasa (14/1) sekira pukul 13.00 WIB, Kata Erlangga, saksi melihat rumput pekarangan sudah ada yang memotong, sudah ditanami pohon Singkong.

"Saksi juga melihat kaca jendela depan rumah pecah dan pintu rumah samping dalam keadaan terbuka, kemudian saksi masuk ke dalam rumah dan langsung kaget menemukan kerangka di atas sofa yang diduga kerangka manusia," tuturnya.

Baca Juga: Dalami Kasus Wafatnya Lina Jubaedah, Polisi akan Panggil Saksi Lainnya

2. ART langsung lapor kepada pemilik rumah atas temuan tersebut

Temuan Kerangka Manusia di Bandung, Polisi Cari Identitas MayatIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kaget melihat penampakan tersebut, kata Erlangga, saksi langsung memberitahu kepada pemilik rumah kosong Johan Rismana, serta mengajak beberapa saksi lain untuk melihat temuan kerangka tulang manusia tersebut. Kepada Polisi Suherman mengaku membersihkan rumah tersebut sudah beberapa bulan lalu.

"Suherman terakhir membersihkan pekarangan rumah tersebut sekira Mei 2019 dan belum pernah masuk ke dalam rumah," katanya.

Baca Juga: Ada Memar Membiru di Tubuh Lina Jubaedah? Ini Kata Kriminolog Unisba

3. Rumah tidak dihuni sejak lama

Temuan Kerangka Manusia di Bandung, Polisi Cari Identitas MayatIDN Times/Azzis Zulkhairil

Lebih lanjut, Erlangga menjelaskan, menurut keterangan pemilik rumah Johan Rismana rumah itu tidak pernah dihuni sejak lama. Erlangga pun tidak menjelaskan apa alasan pemilik rumah meninggalkan rumahnya begitu saja.

"Membeli rumah tersebut pada Februari 2014 sudah dalam keadaan kosong dan belum pernah ditempati maupun direnovasi," jelasnya.

Baca Juga: Keluarga Besar Lina Jubaedah Izinkan Polisi Bongkar Makam Lina

4. Polisi masih mendalami dan mencari siapa mayat yang sudah jadi kerangka tersebut

Temuan Kerangka Manusia di Bandung, Polisi Cari Identitas MayatIDN Times/Azzis Zulkhairil

Diberikan sebelumnya, Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, kabar temuan dugaan kerangka tulang manusia tersebut benar adanya. Namun, sampai saat ini masih dalam penyidikan pihak kepolisian.

"Iya betul ini, belum ada data masih kami lakukan pendalaman dan penyelidikan terkait identitas maupun penyebab kematian," ujar Hendra saat dihubungi IDN Times, Rabu (15/1).

"SOP sudah dilaksanakan, Sudah di Koordinasikan tim inafis polres Soreang," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Baca Juga: Dalam Posisi Duduk, Warga Temukan Kerangka Manusia di Kabupaten Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya