Target Vaksinasi COVID-19 Anak di Bandung Capai 223.175 Orang

Vaksinasi anak ditargetkan selesai selama dua bulan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan 223.175 orang anak usia 6-11 tahun mendapatkan vaksinasi COVID-19. Terget ini direncanakan selesai dalam jangka waktu dua hingga tiga bulan.

Yana Mulyana, Plt. Wali Kota Bandung mengatakan, Pemkot Bandung sudah diizinkan memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun oleh Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat. Artinya vaksinasi di Kota Bandung diklaim sudah mendekati target.

"Alhamdulillah Kota Bandung sudah termasuk kota yang diperbolehkan untuk memberikan vaksin kepada anak usia 6-11 tahun karena kita memenuhi kriteria. Dosis satu kita sudah lebih dari 70 persen, kemudian lansianya juga kita sudah di 78 persen," ujar Yana, Kamis (16/12/2021).

1. Yana berharap vaksinasi anak ini bisa memperkuat kekebalan kelompok

Target Vaksinasi COVID-19 Anak di Bandung Capai 223.175 OrangWakil wakil Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Humas Bandung

Adapun angka target 223.175 itu merupakan perhitungan siswa-siswi dari 438 Sekolah Dasar (SD), dan 31 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Yana bilang, target vaksinasi untuk umum juga berjalan terus secara optimal di fasilitas kesehatan.

Yana berharap vaksinasi anak ini bisa memperkuat kekebalan kelompok dan membantu mempercepat penanganan COVID-19 di Jabar. "Kami cukup punya keyakinan karena lokusnya itu di sekolah, lebih memudahkan untuk kita melakukan proses vaksin," ucapannya.

2. Teknis vaksinasi anak berbeda dengan vaksin orang dewasa

Target Vaksinasi COVID-19 Anak di Bandung Capai 223.175 OrangIDN Times/Galih Persiana

Semua aturan vaksinasi untuk anak-anak akan diperhatikan dengan maksimal. Yana bilang, teknis suntikan vaksinasi untuk anak akan berbeda dengan umum dan lansia guna meminimalisir terjadinya gejala-gejala medis.

"Meskipun ada aturan mereka harus mendapatkan vaksin wajib seperti campak dan lainnya itu berjaraknya harus empat minggu. Nanti mudah-mudahan di screening ketahuan," ujarnya.

3. Program vaksinasi untuk umum di Kota Bandung sudah maksimal

Target Vaksinasi COVID-19 Anak di Bandung Capai 223.175 OrangIDN Times/Humas Bandung

Selain itu, Yana menambahkan, total target vaksinasi masyarakat umum di Kota Bandung ada sebanyak 1.952.358 orang. Dari jumlah itu diartikan bahwa dosis pertama sudah mencapai 99,86 persen, sedangkan dosis kedua sudah mencapai 88 persen lebih.

"Insyaallah gak sampai di akhir tahun dapat diselesaikan Rp1,9 juta lebih," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Telusuri Pemberian Bantuan ke Yayasan Milik HW

Baca Juga: Pemprov Jabar Belum Siapkan Skenario Vaksinasi Booster Januari 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya