Sempat Ditutup Selama PSBB, 8 dari 37 Pasar Kota Bandung Sudah Dibuka

Delapan pasar tersebut merupakan pasar tematik

Bandung, IDN Times - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat Kota Bandung telah mengizinkan 37 pasar tradisional kembali beroperasi, termasuk delapan pasar tematik yang sempat ditutup selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Kota Bandung, Heri Heryawan mengatakan, sebanyak 23 pasar yang ada di bawah naungan PD Pasar sudah beroperasi kembali, termasuk delapan pasar tematik seperi pasar burung, kembang, dan buku yang ada di Kota Bandung.

"Total pasar di bawah PD Pasar ada 37 pasar, ada 8 pasar tematik, jadi tidak jual pangan. Dia jual, bunga pasar buku, pasar besi, pasar burung. Pasar tematik sudah buka, yang kemarin tutup sekarang buka," ujar Heri saat dihubungi, Kamis (18/6).

1. Di tengah pandemik, pasar tradisional tetap diminta jalankan protokol pencegahan COVID-19

Sempat Ditutup Selama PSBB, 8 dari 37 Pasar Kota Bandung Sudah DibukaIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Meski sudah diizinkan beroperasi, Heri menuturkan, pasar tematik tetap diminta menerapkan protokol pencegahan COVID-19, menurutnya, hal tersebut guna mengantisipasi penyebaran virus corona di beberapa pasar tematik Kota Bandung.

Adapun protokol kesehatan kata dia, tidak hanya dilakukan untuk pasar tematik, namun yang saat ini perlu ditekankan adalah pasar tematik, lantaran baru dibuka pada Senin (15/6).

"Pasar tematik buka dengan pengetatan protokol kesehatan menuju arah new normal itu, jadi membatasi jumlah pengunjung dan pasar hanya protokol kesehatan saja," ungkapnya.

2. Pasar tradisional kecuali tematik, sudah diizinkan buka sepanjang PSBB

Sempat Ditutup Selama PSBB, 8 dari 37 Pasar Kota Bandung Sudah DibukaIlustrasi pasar tradisional di Palembang. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemudian, tentang pasar tradisional memang sejak awal PSBB tidak dilarang, akan tetapi penjual tetap diminta menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Selain itu, pembatasan jam operasional juga dilakukan guna meminimalisir kerumunan.

"Pasar tradisional tidak pernah tutup, hanya dibatasi jam bukannya dari pukul 04:00 WIB pagi, sampai siang, sekarang masih ada ketentuan itu," jelasnya.

3. Pasar tematik dibuka bersamaan dengan mal

Sempat Ditutup Selama PSBB, 8 dari 37 Pasar Kota Bandung Sudah DibukaIlustrasi Pasar Jakarta (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Lebih lanjut, Heri menyebut, pembukaan pasar tematik bersamaan dengan pembukaan pusat perbelanjaan modern atau mal. Sebelumnya pasar tematik ditutup lantaran tidak, menjual bahan pangan.

"Sejak kemarin, tanggal 15 Juni semua pasar mal 23 mal buka dan pasar modern buka dengan pembatasan 30 persen pengunjung, sama dengan pasar tematik dan tradisional," tuturnya.

Ia mengimbau, masyarakat yang akan berbelanja ke pasar tradisional harus tetap perhatikan sosial distancing dan menggunakan masker selalu. Menurutnya langkah tersebut penting diterapkan guna meminimalisir terpapar COVID-19.

"Masyarakat yang berbelanja harus tetap gunakan masker dan alat protokol pencegahan lainnya, agar tetap bisa aman," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Pertimbangkan Beri Izin untuk Resepsi Penikahan

Baca Juga: Pemkot Belum Izinkan Bandung Zoo dan Kolam Renang Buka untuk Umum 

Baca Juga: Bandel! Pemkot Bandung Segel Cafe Gedogan Kopi dan Warung Aceh Kemang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya