Sembilan Gerbong Bangkai Kereta Api di Purwakarta Terbakar

Kebakaran diduga terjadi karena pengerjaan pemotongan kereta

Bandung, IDN Times - Bangkai gerbong kereta api di Stasiun Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terbakar pada Kamis (31/8/2023) pukul 11.30 WIB. Peristiwa ini terekam video amatir dan viral di media sosial.

Berdasarkan video yang diterima IDN Times, dari peristiwa ini beberapa penumpang yang ada di dalam kereta berhamburan ke luar. Asap tebal dari peristiwa ini turut menyelimuti lokasi kejadian. Adapun peristiwa ini diduga karena pengerjaan pemotongan gerbong kereta.

1. Sebelum terbakar petugas tengah mengerjakan pemotongan gerbong

Sembilan Gerbong Bangkai Kereta Api di Purwakarta TerbakarTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pengawas pekerjaan PT Barata Indonesia, Yanto mengatakan, sebagai kontraktor perusahaan pemotongan bangkai kereta, ada sekitar 16 orang yang tengah bekerja menggunakan alat las. Dari sanalah kemudian muncul percikan api.

"Pas sekitar pukul 11.30 WIB, ada percikan api yang jatuh ke bagian bawah gerbong kereta. Tak berselang lama, sekitar lima menit, api langsung membesar," ujar Yanto, Kamis (31/8/2023).

2. Ada sembilan gerbong terbakar

Sembilan Gerbong Bangkai Kereta Api di Purwakarta TerbakarTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Percikan api ini, kata dia, kemudian menjadi api yang membesar dan merambat bagian lain dan mengenai bangkai kereta, sehingga terjadilah kebakaran seperti yang viral dalam video di media sosial. Petugas pemadaman dipastikan saat ini masih bekerja.

"Saat ini sekitar ada sembilan gerbong yang terbakar, kami sebelumnya juga sudah berupaya untuk memadamkan api dengan berbagai cara. Namun, api terus membesar," katanya.

3. Peristiwa ini tidak memakan korban jiwa

Sembilan Gerbong Bangkai Kereta Api di Purwakarta TerbakarIlustrasi korban dirawat di rumah sakit. (IDN Times/Mardya Shakti)

Yanto memastikan peristiwa kebakaran ini tidak menimbulkan korban. Penumpang kereta yang tengah melintas juga dipastikan dalam kondisi aman, sehingga tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka.

"Tidak ada yang luka, pas kejadian semua selamat. Kami langsung menghubungi pemadam kebakaran," kata dia.

Baca Juga: Hotel di Bandung Raya Ikut Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti

Baca Juga: 412 Warga KBB Alami Gangguan Kesehatan Akibat Kebakaran TPA Sarimukti

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya