Hotel di Bandung Raya Ikut Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti

Hotel di Bandung Raya terancam ditinggal para pengunjung

Bandung, IDN Times - Sejumlah hotel di Bandung Raya ikut terkena dampak penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sarimukti akibat peristiwa kebakaran yang terjadi sejak Sabtu (19/8/2023) hingga saat ini.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Herman Muchtar mengatakan, pemerintah harus segera membuat solusi jangka panjang atas peristiwa ini. Sebab jika kebakaran terus terjadi akan sangat berdampak pada perhotelan.

"Jelas sangat berdampak kalau sampahnya menumpuk penuh di hotel, nanti tidak ada yang mau menginap di hotel," ujar Herman saat dihubungi, Sabtu (26/8/2023).

1. Masyarakat juga ikut terdampak penutupan TPA Sarimukti

Hotel di Bandung Raya Ikut Terdampak Kebakaran TPA SarimuktiKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Herman menjelaskan, penutupan TPA Sarimukti tidak hanya berdampak pada perhotelan. Saat ini warga di Bandung Raya juga menghadapi kondisi serupa, sehingga pemerintah daerah dan provinsi harus mencari solusi jangka panjang.

"Kalau itu (Sarimukti) ditutup bukan hanya hotel saja, tapi masyarakat juga kesulitan untuk buang sampah," ucapnya.

2. Sampah hotel masih menumpuk di TPS

Hotel di Bandung Raya Ikut Terdampak Kebakaran TPA SarimuktiKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Meski begitu, Herman mengatakan, pemerintah daerah saat ini tetap melakukan pengangkutan sampah di hotel-hotel yang ada di Bandung Raya. Namun ia tidak mengetahui sampah itu akan dibuang ke mana.

"Sampai hari ini masih diambil. Tapi di TPS truk masih pada nangkring, ini sebenarnya akan jadi masalah. Dan Akan membahayakan semua masyarakat bukan hanya hotel," ungkapnya.

3. Persoalan TPA Sarimukti sudah dibahas sebelum adanya peristiwa kebakaran

Hotel di Bandung Raya Ikut Terdampak Kebakaran TPA Sarimuktiinstagram.com/yobelnovianputra

Herman menambahkan, sebelum ada peristiwa kebakaran, PHRI sudah lama berkoordinasi dengan pemerintah daerah di Bandung Raya terutama Kota Bandung agar mencari solusi lain untuk pembuangan sampah agar tidak mengandalkan TPA Sarimukti.

"Sebenarnya dari zaman wali kota pak Dada sudah jadi masalah (TPA Sarimukti). Tapi ini belum ada solusi. Jadi tetap kami buang sampah ke Sarimukti. Pemerintah harus segera mengambil sikap bahkan seharusnya dari dulu," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Warga Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti Mengungsi

Baca Juga: Padamkan Api, 200 Ton Air Dijatuhkan di TPA Sarimukti

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya