412 Warga KBB Alami Gangguan Kesehatan Akibat Kebakaran TPA Sarimukti

Ada 306 warga ISPA akibat asap kebakaran TPA Sarimukti 

Bandung, IDN Times - Kobaran api di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Sarimukti masih belum padam hingga Senin(28/8/2023). Kepulan asap pekat dari peristiwa kebakaran ini berdampak pada kesehatan masyarakat di sekitar Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar, Hadi Rahmat mengatakan, berdasarkan data terbaru ada sebanyak 412 warga di sekitar TPA Sarimukti terserang penyakit gangguan pernapasan atau ISPA serta penyakit lainnya.

"Sekitar 506 masyarakat datang ke posko kesehatan dan kemudian didata ada sekitar kurang lebih 306 (warga) terkena ISPA," ujar Hadi saat dikonfirmasi, Senin (28/8/2023).

1. Selain ISPA ada beberapa penyakit lainnya

412 Warga KBB Alami Gangguan Kesehatan Akibat Kebakaran TPA SarimuktiKebakaran di TPA Sarimukti. Dokumen Diskar Kota Bandung

Beberapa masyarakat yang terdampak penyakit ini tidak semuanya ISPA. Hadi menjelaskan, ada beberapa penyakit lain yang menyerang masyarakat lokal, dan jika ditotal secara keseluruhan ada sebanyak 412 orang.

"Ada penyakit lain selain ISPA, totalnya 106. Jadi Totalnya ada itu ada 412 warga, ini data per tanggal 27 (Agustus) kemarin," ucapnya.

 

2. Api belum 100 persen padam di TPA Sarimukti

412 Warga KBB Alami Gangguan Kesehatan Akibat Kebakaran TPA SarimuktiPengangkutan sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat. IDN Times/Bagus F

Hadi menambahkan, kondisi terkini dari kebakaran TPA Sarimukti. Dari empat zona yang terbakar kata dia, satu zona sudah bisa teratasi. Saat ini, petugas pemadam masih berupaya menjinakkan api di zona 2, 3 dan 4.

"Cuma untuk zona 1 informasinya sudah mulai padam termasuk asapnya. Jadi yang menjadi masalah memang asapnya, kalau untuk apinya sendiri mungkin padam, cuman asap ini dari dalam dan mungkin di dalamnya ada api, tapi kita enggak tahu," jelasnya.

3. Pemprov Jabar alami kendala dalam pemadaman

412 Warga KBB Alami Gangguan Kesehatan Akibat Kebakaran TPA Sarimuktiinstagram.com/yobelnovianputra

Lebih lanjut, Hadi mengatakan, Pemprov Jabar sampai saat ini tengah melakukan upaya pemadaman api. Namun, di lapangan mengalami kendala lantaran tinggi gunungan sampah yang mencapai 50 meter.

"Yang pasti memang karena sampah itu bertumpuknya lumayan dalam hampir sekitar 50 meter, sehingga bisa dibilang yang menjadi kesulitan karena memang dengan bertumpuknya sampah," kata dia.

Baca Juga: Hotel di Bandung Raya Ikut Terdampak Kebakaran TPA Sarimukti

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Tetapkan Bandung Raya Darurat Sampah!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya