Ribuan Jemaah Haji Belum Lunas BPIH, Ridwan Kamil: Jangan Dipaksa

Pemprov bakal berikan ruang mediasi dengan calon jemaah haji

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil turut menanggapi persoalan banyaknya calon jemaah haji di Jabar yang belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Menurutnya, persoalan ini merupakan kewenangan Kementerian Agama Kanwil Jabar. Hanya saja, pemprov bakal turut andil membantu membuat solusi agar calon haji bisa membayar dan kuota bisa terpenuhi.

"Kewenangan bukan di Pemprov Jabar tapi kami akan fasilitasi mediasinya yang pasti tidak mungkin berangkat kalau belum lunas," ujar Emil, dikutip Rabu (17/5/2023).

1. Kuota haji di Jabar harus terpenuhi

Ribuan Jemaah Haji Belum Lunas BPIH, Ridwan Kamil: Jangan DipaksaRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil mengimbau masyarakat harus dat memanfaatkan kesempatan berangkat haji yang sudah diberikan oleh Kemenag. Peluang untuk berangkat ke tanah suci sendiri tergolong tidak mudah karena harus mengatre.

"Tapi jangan sampai kuotanya yang sudah susah-susah orang nunggu sampai belasan tahun tidak termanfaatkan. Saya kira kita akan sangat menyesali itu," ucapnya.

2. Masyarakat diimbau memanfaatkan kuota yang sudah diberikan

Ribuan Jemaah Haji Belum Lunas BPIH, Ridwan Kamil: Jangan DipaksaGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Langkah yang akan diambil saat ini oleh Pemprov Jabar yaitu mediasi dengan para calon jemaah haji. Namun, Emil menegaskan, berangkat haji sendiri diberikan untuk yang mampu, artinya jika ada yang belum mampu maka kuota sementara diberikan terlebih dahulu pada yang mampu.

"Kami akan mediasi, tapi saran saya sama dengan yang tadi ditanyakan, kalau yang belum (lunas) karena syarat haji itu kan mampu. Jadi kalau belum mampu jangan dipaksakan. Maka berikan jatahnya kepada yang sudah mampu alias yang sudah melunasi," kata dia.

3. Pelunasan biaya haji diperpanjang hingga 19 Mei 2023

Ribuan Jemaah Haji Belum Lunas BPIH, Ridwan Kamil: Jangan DipaksaSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Untuk diketahui, Kepala Kantor Kementerian Agama Jabar, Ajam Mustajam mengatakan, ada sebanyak 4.460 calon jamaah haji yang belum melunasi pembayaran biaya haji. Sedangkan, kuota jemaah cadangan juga ada yang belum melunasi BIPIH.

"Yang belum melunasi masih 4.460, itu jemaah haji murni. Yang cadangan (belum melunasi) 8.778," kata Ajam dalam acara diskusi Gaspol di salah satu hotel di Kota Bandung, Selasa (16/7/2023).

Pelunasan biaya haji juga diperpanjang hingga 19 Mei 2023. Adapun pemberangkatan haji di Jabar bakal dimulai pada 23 Mei 2024 dari Bandara Soekarno Hatta dan 27 Mei 2024 dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Untuk Kertajati jemaah masih dikhususkan untuk Ciayumajakuning. Sedangkan untuk Soekarno Hatta untuk jemaah di luar wilayah tersebut.

Baca Juga: 4.460 Calon Jemaah Haji Jabar Tercatat Belum Lunasi Biaya Perjalanan

Baca Juga: Kunjungi Ponpes Al-Zaytun, Kemenag Jabar Pastikan Hanya Urus Kurikulum

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya