Ramai Mural Mirip Presiden Jokowi di Bandung, Polisi Cari Pembuatnya

Polisi meminta polsek turut mengungkap peristiwa ini

Bandung, IDN Times - Pembuat mural mirip presiden Joko Jokowi Widodo di samping flyover Pasupati, Kota Bandung, tengah dicari oleh pihak Polrestabes Bandung. Polisi saat ini tengah melakukan penyelidikan.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Rudi Trihandoyo mengatakan, polisi melakukan penyelidikan dengan melibatkan jajaran kepolisian di tingkat Polsek.

"Kami nanti cari, siapa yang buatnya. Kami lakukan penyelidikan, supaya yang melukis itu bisa kembali. Apa maksudnya gambar-gambar seperti itu?" ujar Rudi, saat dihubungi, Kamis (26/8/2021).

1. Polisi akan meminta keterangan terlebih dahulu pada pelaku

Ramai Mural Mirip Presiden Jokowi di Bandung, Polisi Cari PembuatnyaIlustrasi protokol kesehatan(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Polrestabes Bandung meminta Polsek Bandung Wetan untuk turut mengumpulkan bukti-bukti dari kejadian ini. Polisi juga akan memeriksa terlebih dahulu pelaku pembuat gambar mirip Presiden Jokowi itu.

"(Pelaku) kami akan tanya dulu, kalau ketangkep orangnya. Kami interview, apa maksud dan tujuannya. Apakah itu kritik sosial atau bagaimana. Nanti kita imbau dan peringatkan," katanya.

2. Polisi tidak langsung memberikan pidana pada pembuat mural

Ramai Mural Mirip Presiden Jokowi di Bandung, Polisi Cari PembuatnyaIlustrasi. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Menurutnya, polisi tidak akan semena-mena memberikan pidana pada pembuat gambar itu. Polisi akan tetap melihat maksud dari pembuat gambar apakah bentuk kritik atau memiliki maksud dan tujuan lainnya.

"Enggak (ada indikasi) kalau kritik, tetapi kalau menghina kepala negara atau presiden ada pasalnya. Kami lihat nanti, kalau ternyata tidak ada dasar hukumnya kita tidak akan proses," ungkapnya.

3. Mural Presiden Jokowi sudah dihapus oleh aparat

Ramai Mural Mirip Presiden Jokowi di Bandung, Polisi Cari PembuatnyaMural pria mirip Presiden Jokowi di tembok Jembatan Pasupati sebelum dan setelah dihapus. IDN Times/Debbie Sutrisno

Untuk diketahui, mural gambar setengah badan seorang pria yang mirip perawakan Presiden Joko Widodo di tembok jembatan layang Pasupati, Kota Bandung viral di media sosial, Rabu (25/8/2021).

Gambar itu memperlihatkan seorang pria berpakaian putih dengan muka tertutup masker. Kemudian, sejumlah aparat langsung menghapus mural ini pada sore harinya. Diketahui, mural itu merupakan stencil kertas yang ditempelkan secara langsung.

Baca Juga: Mural Mirip Jokowi Tertutup Masker Mejeng di Jembatan Pasupati Bandung

Baca Juga: Mural Pria Mirip Presiden Jokowi di Bandung Dihapus Aparat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya