Polrestabes Bandung Amankan Bule Pembuat Onar ke Imam Masjid

Bule diamankan di Bandara Sokaeno Hatta

Bandung, IDN Times - Jajaran Polrestabes Bandung mengamankan warga negara asing (WNA) atau bule berinisial MBCAA (48 tahun). Dia diamankan usai membuat onar terhadap imam Masjid Al-Muhajir Buahbatu, Kota Bandung.

MBCAA menimbulkan perbuatan tidak menyenangkan dengan meludahi Imam Masjid Al-Muhajir. Adapun penangkapan dilakukan di Bandara Soekarno Hatta.

"Tadi malam dini hari dijemput di Bandara Soeta (Soekarno Hatta) dan sekarang sudah di simi (Polrestabes Bandung) untuk diminta keterangan," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono, Sabtu (29/4/2023).

1. Polisi mengamankannya berdasarkan bukti CCTV

Polrestabes Bandung Amankan Bule Pembuat Onar ke Imam Masjidilustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Tragedi perbuatan tidak menyenangkan ini terjadi pada Jumat (29/4/2023). Aksi MBCAA juga viral terekam dalam CCTV masjid. Dari sini, polisi kemudian melakukan penelusuran dan langsung mengamankan WNA Australia ini.

"Kami menyusuri keberadaan WNA itu dan setelah ditelusuri yang bersangkutan menginap di hotel sebelah masjid dan sudah check out dan ditelusuri pasport di tangan kita," ungkapnya.

2. Motif masih belum diketahui

Polrestabes Bandung Amankan Bule Pembuat Onar ke Imam Masjidilustrasi borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Penangkapan ini dilakukan dengan koordinasi dari imigrasi khusus Bandara Soeta. Adapun Bule ini pergi ke bandara bukan untuk melarikan diri, melainkan memang untuk pulang ke negara asalnya di Australia.

"Yang bersangkutan ternyata sudah mau berangkat pulang ke negaranya dan kami berkordinasi melakukan penundaan sementara. Kami amankan dulu, kami mintai keterangan di Polrestabes Bandung," katanya.

MBCAA sendiri merupakan seorang wisatawan. Polrestabes Bandung memastikan, saat ini jajarannya masih memintai keterangan untuk mengetahui soal motif meludahi imam Masjid Al-Muhajir.

"Nanti akan ditelusuri setelah pemeriksaan lengkap," katanya.

3. Bule diduga terganggu dengan pengeras suara masjid

Polrestabes Bandung Amankan Bule Pembuat Onar ke Imam Masjid(Istimewa)

WNA Australia ini meludahi Imam Masjid bernama M. Basri Anwar. Dia tiba-tiba mendekat ke arah mimbar masjid. Adapun ketika itu imam masjid tersebut sedang mendengarkan ayat suci Al-Qur'an memakai alat pengeras suara atau melakukan aktivitas muroyal.

Setelah itu, pelaku mendekat ke imam masjid dan tiba-tiba meludah. Atas perbuatan ini, Basri pun melarikan diri karena ketakutan. Menurut dia, WNA itu merasa terganggu dengan lantunan ayat suci sehingga melakukan aksi tersebut.

"Pas lagi Jumat Bersih kan suka ada Murotal Al Qur'an kayanya dia merasa terganggu," katanya. 

4. Pengurus masjid sudah berkoordinasi

Polrestabes Bandung Amankan Bule Pembuat Onar ke Imam MasjidIlustrasi borgol (IDN Times/Arief Rahmat)

Basri menambahkan, ia sudah berkoordinasi dengan pengurus masjid. Adapun pihak masjid telah sepakat untuk tak memperpanjang kasus itu dan tak akan membuat laporan ke polisi.

"Jadi kami sudah konfirmasi ke pihak DKM, sudah membiarkan kejadian ini," kata dia ketika ditemui pada Jumat (28/4).

Baca Juga: Masjid Raya Bandung Bakal Diurus Pemkot, DKM Minta Musyawarah

Baca Juga: Pertama Kali Gelar Salat Idul Fitri, Masjid Al Jabbar Diserbu Warga

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya