Masjid Raya Bandung Bakal Diurus Pemkot, DKM Minta Musyawarah

Masjid Raya Bandung minta lebih diperhatikan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berencana untuk memindahkan status kepengurusan Masjid Raya Bandung ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Rencana pemindahan status ini dilakukan setelah Pemprov Jabar memiliki Masjid Raya Al Jabbar.

Masjid Raya Bandung dan Masjid Raya Al Jabbar sendiri saat ini berada di bawah kepemilikan Badan Pengelola Islamic Centre (BPIC) Pemprov Jabar. Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Ayi Hasyim Ashari mengatakan, rencana pemindahan ini memang sering dilontarkan Gubernur Jabar meski baru secara lisan.

"Belum, kami belum tahu (belum ada surat rekomendasi). Kalau misal masjid ini mau dibalikkin ke Kota Bandung, kami tidak masalah, terserah, tapi ya hade goreng ku basa, jadi artinya musyawarah dulu," ujar Ayi, dikutip Sabtu (25/3/2023).

1. DKM Masjid Raya Bandung pastikan pemindahan baru wacana

Masjid Raya Bandung Bakal Diurus Pemkot, DKM Minta MusyawarahMasjid Raya Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, ada baiknya rencana pemindahan tanggung jawab ini diobrolkan secara baik-baik dan tidak mendadak sehingga bisa disampaikan secara lisan pada publik. Apalagi, kata dia, Masjid Bandung Raya sendiri memiliki sejarah yang panjang.

"Dia berwacana sendiri bahwa masjid ini akan milik Kota Bandung, tapi ya sebagai gubernur seharunsya tidak seperti itu. Harus menahan diri. Saya tau di kiri kanan banyak orang protes tapi saya selalu menahan. Harus dijaga musyawarahnya, komunikasi harus dijaga," katanya.

2. Masjid Raya Bandung kental dengan sejarah

Masjid Raya Bandung Bakal Diurus Pemkot, DKM Minta MusyawarahMasjid Raya Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski ada rencana Masjid Raya Bandung diserahkan pada Pemkot Bandung, Ayi memastikan, saat ini statusnya masih milik Pemprov Jabar. Sehingga, Pemprov Jabar harus tetap memperhatikan kondisi masjid agar lebih makmur.

"Pak gubernur baru wacana, berbicara tanpa surat itu baru wacana. Saya menganggap ini masjid bersejarah yang mempunyai nilai sejarah luar biasa, dan kami berkewajiban untuk menggali, melestarikan masjid ini," katanya.

3. Masjid Raya Bandung tidak perlu museum, cuma perlu area parkir

Masjid Raya Bandung Bakal Diurus Pemkot, DKM Minta MusyawarahMasjid Raya Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan nilai sejarah yang tinggi, Ayi memastikan, Masjid Raya Bandung tidak perlu dibuatkan museum. Namun, beberapa infrastruktur pendukung lainnya perlu dihadirkan seperti soal lahan parkir yang sampai detik ini belum ada.

"Di sini gak usah bikin museum, ini sudah menjadi bagian museum. Masjid Raya Bandung ini harus diperhatikan dari sisi fasilitasnya, karena realitasnya masjid ini tidak punya tempat parkir," kata dia.

Baca Juga: Mengkilap! Ini Cat yang Dipakai untuk Kubah Masjid Raya Al Jabbar

Baca Juga: Beda Dari Al Jabbar, Masjid Raya Bandung Hanya Sediakan 1.000 Takjil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya