Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB Tegalluar

Pemprov Jabar siap sambut operasi penuh KCJB

Bandung, IDN Times - Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin berjanji akan menghidupkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Stasiun Tegalluar. Hal itu dilakukan untuk mendukung pengoperasian penuh KCJB pada 1 Oktober 2023.

KCJB sendiri kini membuka tahap uji coba untuk masyarakat sejak 18-24 September 2023. Dengan kondisi ini, Bey Machmudin mengatakan, Pemprov Jabar tengah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk membangkitkan area Stasiun Tegalluar.

"Komersil KCJB ini 1 Oktober 2023. Jadi kami minta agar pemprov itu berkoordinasi dengan KCIC agar asosiasi-asosiasi mendukung kedatangan KCJB secara komersil," ujar Bey, Kamis (21/9/2023).

1. Pemprov Jabar akan ikut jemput bola penumpang

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB TegalluarPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey menjelaskan, beberapa fasilitas yang direncanakan untuk menyambut pengoperasian KCJB ini, salah satunya penyediaan bus wisata untuk para penumpang. Hal itu dilakukan agar masyarakat yang memang berniat wisata ke daerah Bandung Raya menggunakan KCJB terfasilitasi.

"Jadi seperti akses atau dibuatkan city tour, itu harus kita sambut, jemput bola. Jadi jangan sampai, mungkin kan masyarakat ada yang datang hanya untuk mencoba terus muter-muter, jadi siapkan untuk kuliner atau apa," ungkap Bey.

2. Bus DAMRI disediakan untuk mengangkut penumpang dari Stasiun KAI Cimekar

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB TegalluarPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, untuk masyarakat yang hendak menggunakan KCJB dari Stasiun KAI Bandung, bisa menaiki kereta feeder, dan berhenti di Stasiun Cimekar, Gedebage. Kemudian, akan ada fasilitas bus untuk menuju Stasiun KCJB Tegalluar.

"Akses dari Stasiun KAI Cimekar ke Tegalluar akan menggunakan Bus DAMRI atau bentuk lain," katanya.

3. Produk UMKM akan turut dipamerkan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB TegalluarUji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Bey menambahkan, pada dasarnya seluruh akses pendukung baik infrastruktur ataupun beberapa bentuk lainnya untuk menyambut pengoperasian penuh KCJB akan dilakukan Pemprov Jabar serta kepal daerah di Bandung Raya.

"Dukungan dari pemprov banyak, dari asosiasi terus juga secara detail menyampaikan kerajinan khas Jawa Barat, ada kenang-kenangan sudah ke Jawa Barat, kuliner, UMKM kita galakkan di Tegalluar," kata dia.

Baca Juga: Tanpa Rombongan Lengkap, Jokowi Tinjau Depo KCJB Tegalluar

Baca Juga: Dadang Supriatna Bakal Ajak ASN Pemkab Bandung Jajal KCJB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya