Dadang Supriatna Bakal Ajak ASN Pemkab Bandung Jajal KCJB

OPD Kabupaten Bandung juga akan diajak menjajal KCJB

Kabupaten Bandung, IDN Times - Bupati Bandung, Dadang Supriatna berencana mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjajal langsung Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

KCJB sendiri kini membuka tahap uji coba untuk masyarakat sejak 18-24 September 2023. Momentum ini menurut Dadang Supriatna harus dimanfaatkan oleh OPD dan ASN Pemkab Bandung untuk merasakan kecepatan KCJB.

"Mungkin nanti para kepala OPD pun, para ASN Kabupaten Bandung akan mencoba terhadap uji coba yang akan dilaksanakan oleh KCJB ini," ujar Dadang usai menyambut kedatangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Depo Tegalluar, Selasa (19/9/2023).

1. Pemkab Bandung siap bantu akses pendukung

Dadang Supriatna Bakal Ajak ASN Pemkab Bandung Jajal KCJB(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebagai tuan rumah KCJB, Dadang mengatakan, Pemkab Bandung terus berkoordinasi untuk memenuhi fasilitas pendukung dari PT KCIC. Beberapa dukungan yang siap diberikan, seperti fasilitas pembebasan tanah untuk akses jalan dan beberapa lainnya.

"Kami pada prinsipnya siap. Termasuk akses dan lain sebagainya, kami sudah bahas bahkan terhadap rencana dan juga akses yang langsung menuju ke stasiun kita sudah masuk ke dalam tata ruang dan juga ATR yang masuk kawasan Tegalluar," katanya.

2. KCJB diharapakan bisa dongkrak kunjungan wisatawan

Dadang Supriatna Bakal Ajak ASN Pemkab Bandung Jajal KCJBUji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Keberadaan KCJB sendiri sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, dan pendapatan daerah. Sebab dengan keberadaan kereta cepat ini akan banyak mendatangkan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Pengunjung wisatawan domestik setiap tahunnya meningkat. Bahkan kalau dibandingkan tahun 2020 itu sekitar 2 juta pengunjung, tahun 2021 sekitar 3,8 juta, dan di tahun 2022 sekitar 6,5 juta pengunjung," ungkapnya.

3. KCJB diyakini bisa bantu pertumbuhan ekonomi

Dadang Supriatna Bakal Ajak ASN Pemkab Bandung Jajal KCJBUji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Kamis (22/6/2023). (IDN Times/Aldila Muharma)

Selain itu, Dadang menambahkan, KCJB juga diharapakan bisa turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bandung. Sebab, Kabupaten Bandung sendiri merupakan wilayah industri.

"Terutama untuk para pemangku kebijakan yang mana akses yang sangat cepat ini akan cepat membantu akselerasi terhadap lalu lintas perjalanan," kata dia.

Baca Juga: Profil Bupati Bandung Dadang Supriatna 

Baca Juga: KPK: Eks KSAU Agus Supriatna Tolak Panggilan Pengadilan 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya