Penyuntikan Mulai Pekan Depan, Dinkes Bandung Belum Terima Vaksin

Penyuntikan vaksin akan berlangsung pada 14 Januari 2021

Bandung, IDN Times - Vaksin Sinovac yang disalurkan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk program vaksinisai tahap I belum sampai ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung. Pemerintah memastikan bahwa penyuntikan vaksin dimulai pada 14 Januari 2021.

"Sampai saat ini belum kami terima vaksin COVID-19," ujar Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara saat dihubungi IDN Times, Jumat (8/1/2021).

1. Sebanyak 180 tempat penyuntikan vaksin sudah disediakan Pemkot Bandung

Penyuntikan Mulai Pekan Depan, Dinkes Bandung Belum Terima VaksinIlustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

Ahyani tidak menjawab secara pasti soal tempat penyimpanan vaksin ke depannya. Ia hanya menyebut bahwa vaksin nantinya akan disalurkan sesuai kapasitas tempat vaksinisasi.

Adapun Pemkot Bandung saat ini sudah menyediakan 180 tempat untuk penyuntikan vaksin tahap I ini di sejumlah puskesmas, rumah sakit, dan klinik yang berada di seluruh Kota Bandung.

2. Tempat penyimpanan khusus vaksin juga disediakan Pemkot Bandung

Penyuntikan Mulai Pekan Depan, Dinkes Bandung Belum Terima Vaksinwww.sciencemag.org

Sebelumnya, Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, persiapan jelang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung terus dilakukan.

"Kita sudah menyiapkan storage itu, pokoknya kalau vaksin ini dikirim kita sudah siap, termasuk juga pelatihan tenaga vaksinator, itu kita pun sudah ada. Lalu tempat-nya yang akan dipakai vaksinasi juga (sudah siap)," kata Ema di Balai Kota Bandung, Kamis (7/1).

3. Pemprov Jabar kalaim sudah menyalurkan vaksin sejak 5 Januari 2021

Penyuntikan Mulai Pekan Depan, Dinkes Bandung Belum Terima VaksinVaksin COVID-19 Sinovac, Minggu (19/7) tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad (Dok. IDN Times/Istimewa)

PT Bio Farma sudah mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 Sinovac dalam bentuk produk jadi yang tiba di Indonesia pada 7 Desember 2020. Pendistribusian dilakukan dalam dua hari, yakni pada 3-4 Januari 2021 lalu.

Ketua Harian Satgas COVID-19 Jawa Barat Daud Ahmad mengatakan, vaksin tahap pertama rencananya akan diterima Dinas Kesehatan Jawa Barat pada Selasa (5/1/2021).

"Vaksin tahap pertama kurang lebih 38 ribu dosis untuk tenaga kesehatan, pengiriman rencananya tanggal 5 Januari," katanya

Baca Juga: PSBB Ketat Jawa-Bali, Mal di Kota Bandung Akan Tutup Pukul 19:00 WIB

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali, Polrestabes Bandung Pertimbangkan Pos Pemeriksaan

Baca Juga: Pemerintah Perkenalkan Istilah PPKM Bukan Lagi PSBB, Apa Bedanya?

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya