Pengamat Pesimis Pj Gubernur Jabar Bisa Dorong Pemekaran Daerah

Dekat dengan presiden tak menjamin bisa mencabut moratorium

Bandung, IDN Times - Pengamat Politik Unpad, Firman Manan pesimis Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin bisa mendorong pemekaran wilayah baru dari usulan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD).

Dewan sendiri mengusulkan sembilan sembilan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) sejak zaman Ridwan Kamil. Usulan ini juga disetujui dan tinggal menunggu pencabutan moratorium dari presiden.

1. Pengamat tak yakin Bey perjuangkan CDPOB

Pengamat Pesimis Pj Gubernur Jabar Bisa Dorong Pemekaran DaerahDeputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Meskipun Bey Machmudin sempat menjabat Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden. Menurut Firman, pencabutan moratorium kecil kemungkinan dilakukan selama masa kepemimpinan Bey.

"DOB itu sebetulnya sampai hari ini masih statusnya moratorium. Jadi kalau saya sih tidak terlalu yakin bahwa DOB bisa terealisasi sebelum nanti ada gubernur definitif terpilih, karena posisinya moratorium," kata Firman saat dikonfirmasi, Selasa (5/9/2023).

2. Fokus pemerintah dan DPR masih ke pemilu 2024

Pengamat Pesimis Pj Gubernur Jabar Bisa Dorong Pemekaran DaerahDokumen Biro Pers Istana

Firman mengatakan, saat ini DPR RI maupun pemerintah pusat tengah fokus pada Pemilu 2024. Sehingga, pencabutan moratorium untuk memekarkan sejumlah daerah di Jawa Barat potensinya kecil.

"Sekarang tentu pikiran semua orang termasuk DPR, pemerintah pusat, sekarang itu fokusnya sudah pada Pemilu," katanya.

3. Moratorium berpotensi dicabut saat presiden baru

Pengamat Pesimis Pj Gubernur Jabar Bisa Dorong Pemekaran DaerahIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Oleh karena itu, Firman sangat pesimistis jika pemerintah pusat mencabut moratorium dan menyetujui sembilan CDPOB yang telah diusulkan, sekalipun Bey merupakan orang dekat Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kelihatannya agak ditunda, sampai nanti ada pemerintahan baru terbentuk, termasuk di level lokal terpilih," kata dia.

Baca Juga: Ini Profil Bey Machmudin, Pj Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Baca Juga: Bey Jadi Pj Gubernur Jabar, Dewan Desak Bogor Segera Dimekarkan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya