Bey Jadi Pj Gubernur Jabar, Dewan Desak Bogor Segera Dimekarkan

Pemekaran Kabupaten Bogor paling urgent! 

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik Bey Triadi Machmudin sebagai Penjabat atau Pj Gubernur Jawa Barat, Selasa (5/9/2023). Dia akan memimpin hingga terpilihnya gubernur definitif di 2024.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ruhiyat mengatakan, dengan sudah dilantiknya Bey Triadi Machmudin sebagai Pj Gubernur, pemekaran wilayah di Bogor Raya bisa lebih disegerakan. Sebab pemekaran ini sangat mendesak.

"Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk hampir 6 juta, memerlukan pemerataan pembangunan baik di wilayah Bogor Barat. Dengan rencana pemekaran Bogor Barat dengan ibu kota di Cigudeg," ujar Ruhiyat melalui sambungan telepon, Selasa (5/9/2023).

1. Bey punya kedekatan dengan Presiden Jokowi

Bey Jadi Pj Gubernur Jabar, Dewan Desak Bogor Segera DimekarkanPj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin usai dilantik di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat (5/9/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurutnya, pemekaran di wilayah Bogor ini harus segera dilakukan. Pemprov Jabar juga harus bisa turut melobi pemerintah pusat agar moratorium bisa dicabut. Dengan jumlah penduduk yang banyak, pemerataan masih belum maksimal di Kabupaten Bogor.

"Pemekaran juga di wilayah Bogor Timur dengan ibu kota di Jonggol, terus diperjuangkan karena Pak Bey Machmudin tentu yang sebelumnya Deputi di Bidang Pers dan Media Sekretariat Presiden sangat dekat dengan Bapak Presiden," ungkapnya.

2. Kabupaten Bogor harus dimekarkan jadi dua daerah baru

Bey Jadi Pj Gubernur Jabar, Dewan Desak Bogor Segera DimekarkanDeputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ruhiyat menambahkan, pemerataan pembangunan dan lainnya di wilayah Kabupaten Bogor akan terjadi jika pemekaran dilakukan. Sebab APBD Kabupaten Bogor saat ini belum mampu menyejahterakan rakyat, apalagi jumlah penduduk terus meningkat.

"Maka mohon pemekaran di Jawa Barat khususnya Bogor Barat dan Timur, moratorium khusus untuk Kabupaten Bogor untuk mendapatkan perhatian," katanya.

3. Pemekaran bisa meratakan infrastruktur dan pelayanan

Bey Jadi Pj Gubernur Jabar, Dewan Desak Bogor Segera DimekarkanDokumen Biro Pers Istana

Ketika moratorium dicabut dan Kabupaten Bogor mekar menjadi Barat dan Timur, Ruhiyat mengatakan, pemerataan pembangunan serta pelayanan juga akan lebih maksimal. Mengingat nantinya akan ada tambahan dana dari pemerintah pusat.

"Beban Kabupaten Bogor dengan APBD Rp9 triliun dapat diringankan dengan adanya Prolegnas pembahasan registrasi nasional pemekaran dalam bentuk RUU daerah calon otonomi baru Bogor Barat dan Timur," kata dia.

Baca Juga: Sah, Bey Machmudin Resmi Jadi Pj Gubernur Jabar Hari Ini

Baca Juga: Intip Kekayaan Bey Machmudin, PJ Gubernur Jabar Pengganti Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya