Pendaftar PPDB Jabar 2023 Sudah Capai 47.500 Orang di Hari Pertama

Hari pertama ini hanya untuk beberapa jalur belum zonasi

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) mencatat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB untuk SMA, SMK dan SLB tahap pertama sudah mencapai sebanyak 47.500 siswa. Data ini tercatat sejak hari pertama kemarin, Selasa (6/6/2023).

Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan,
PPDB Jabar 2023 ini dibagi menjadi dua tahap, untuk pertama ada jalur. Sedangkan untuk tahap kedua hanya ada jalur zonasi. Untuk tahap pertama dimulai dari 6-10 Juni 2023. Sedangkan tahap dua mulai dari 26-30 Juni 2023.

"PPDB sudah mulai dari tanggal 6-10 ditahap 1. Dari sisi pendaftar per sekarang itu di 47.500 sudah daftar dan insyaallah akan terus bertambah karena kita lakukan secara online," kata Wahyu, Rabu (7/6/2023).

1. Kuota tahap pertama 50 persen

Pendaftar PPDB Jabar 2023 Sudah Capai 47.500 Orang di Hari PertamaIlustrasi pendaftaran PPDB.ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Wahyu menjelaskan, pada tahap pertama ini jalur yang dibuka yaitu prestasi baik nilai rapor maupun olahraga, jalur afirmasi KETM dan kondisi tertentu hingga jalur perpindahan orang tua dengan kuota sebesar 50 persen.

Wahyu merinci, untuk tahap satu 25 persen melalui prestasi dan itu bisa prestasi nilai rapor dan juga olahraga serta beberapa lainnya. Kemudian, 20 persen afirmasi yang di dalamnya ada keluarga ekonomi tidak mampu dan kondisi tertentu seperti terjadi bencana dan yang lainnya.

"Sedangkan, 5 persen perpindahan tugas. Jadi untuk ditahap pertama ada 50," ucapnya.

2. Zonasi akan dimulai di akhir bulan

Pendaftar PPDB Jabar 2023 Sudah Capai 47.500 Orang di Hari Pertama(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Untuk jalur zonasi, Wahyu mengatakan, nantinya kuota yang diberikan sebesar 50 persen dari total kursi yang disediakan. Namun jumlah itu bisa lebih besar jika pendaftaran tahap pertama tidak memenuhi kuota yang ditentukan.

"Nah untuk yang zonasi itu kita lakukan di tahap dua di tanggal 26-30 itu di 50 persen. Nah untuk sekolah-sekolah yang hari ini tidak penuh di tahap pertama, kita akan limpahkan di tahap kedua," katanya.

3. Tahap pertama pendaftaran masih lewat website Disdik Jabar

Pendaftar PPDB Jabar 2023 Sudah Capai 47.500 Orang di Hari PertamaIlustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Wahyu menambahkan, saat ini untuk pendaftaran PPDB masih diterapkan melalui online. Adapun untuk pendaftaran menggunakan aplikasi Sapawarga baru diterapkan pada tahap kedua atau zonasi. Adapun untuk keluhan atau kendala nantinya bisa konsultasi ke sekolah yang dituju.

"Untuk sapa warga ditahap ini (1) baru informasi, dan untuk pendaftaran itu ditahap dua. Jadi untuk sekarang mengunakan website Disdik," kata dia.

Baca Juga: Disdik Jabar Terima Banyak Laporan Kasus Bullying di Aplikasi Stoper

Baca Juga: Disdik Jabar Dituding Jadi Dalang Pemecatan Guru SMK yang Komen IG RK

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya