Pemprov Jabar Usul Pemekaran Daerah, Salah Satunya Garut Utara

Cianjur Selatan dan Tasikmalaya Selatan juga masuk usulan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengusulkan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Pemekaran ini masuk yang terbaru dari beberapa daerah sebelumnya yang sidah diusulkan ke pemerintah pusat.

Adapun tiga daerah baru ini yaitu: Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara. Dengan demikian, total daerah yang diusulkan mekar ada delapan.

1. Pemekaran sudah berdasarkan perhitungan

Pemprov Jabar Usul Pemekaran Daerah, Salah Satunya Garut UtaraANTARA/Chairul Rohman

Ridwan Kamil alias Emil, Gubernur Jabar mengatakan, Pemprov Jabar akan terus mengusulkan daerah yang dinilai perlu dimekarkan. Dengan populasi hampir 50 juta jiwa, Emil bilang, idealnya memiliki 40 kabupaten dan kota.

"Kita akan terus mengusulkan daerah-daerah yang harus kita mekarkan, idealnya dari 27 daerah itu menjadi 40 daerah," ujarnya.

Meski pemerintah pusat masih melakukan moratorium, Emil menjelaskan, jika usulan disetujui maka ditambah delapan usulan CDPOB, Jabar kini berpeluang memiliki 35 daerah. Angka itu, kata dia, sudah melampaui target RPJMD 2018-2023 di mana daerah yang diusulkan berjumlah lima.

"Sekarang baru 35 daerah namun ini sudah melebihi target dari RPJMD kami yang hanya lima," ucapnya.

2. DPRD sudah membuat pansus mengenai hal ini

Pemprov Jabar Usul Pemekaran Daerah, Salah Satunya Garut UtaraIDN Times

Untuk CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan, dan Kabupaten Garut Utara, rata-rata per wilayahnya memiliki 11 sampai 12 kecamatan dengan populasi per daerah antara 500 ribu sampai 600 ribu jiwa.

Pembahasan dari usulan ini sudah tertuang dalam rapat paripurna, dan saat ini DPRD Jabar langsung membentuk Panitia Khusus (Pansus) sebagai syarat tindak lanjutnya. "Pansus sudah dibentuk, mudah-mudahan melengkapi semua syaratnya," ungkapnya.

3. Pemekaran dilakukan untuk efisiensi dan pemerataan keadilan

Pemprov Jabar Usul Pemekaran Daerah, Salah Satunya Garut UtaraRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Ketika nantinya pemerintah pusat mencabut moratorium, Emil optimistis usulan pemekaran daerah di Jabar akan diterima karena sudah mempersiapkan semuanya dan layak untuk menjadi daerah baru.

Emil menambahkan, pemekaran dilakukan agar semua masyarakat Jabar bisa terlayani dengan maksimal, tanpa ada yang kesulitan. "Semoga suatu hari terkejar keadilan di mana satu juta penduduk Jabar bisa dilayani oleh satu administrasi pemerintah," kata dia.

Baca Juga: Kadisdukcapil Jabar Terdakwa Dugaan Korupsi Bansos 

Baca Juga: Jadi Terdakwa Kasus Korupsi Bansos, Kadisdukcapil Jabar Masih Bertugas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya