Pemprov Jabar Terjunkan Puluhan Petugas Keamanan Jaga Masjid Al Jabbar

Petugas ada dari bantuan Satpol PP Bandung dan Satpam OPD

Bandung, IDN Times - Peresmian Masjid Raya Al Jabbar menimbulkan banyak dinamika, mulai dari pengunjung yang membuang sampah sembarangan hingga anak kecil yang bermain air di taman area masjid.

Dengan adanya persoalan itu, Pemprov Jabar akhirnya menerjunkan puluhan personel pengamanan. Kepala Satpol PP Jabar, Ade Afriandi mengatakan, petugas pengamanan tidak hanya dari jajarannya, ada juga bantuan dari Pemkot Bandung, dan satpam OPD Pemprov Jabar.

Selain itu, waktu pengamanan juga dilakukan dengan metode sif. "Jadi satu hari itu satu sif yang totalnya ada kurang lebih sekitaran 15 personel Satpol PP, pengawas satu, kemudian penanggung jawab posko," ujar Ade, Kamis (5/1/2023).

1. Pengamanan dilakukan dengan metode sif

Pemprov Jabar Terjunkan Puluhan Petugas Keamanan Jaga Masjid Al JabbarMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian untuk tim atau regu itu ada 12. Ade menjelaskan, dalam tim regu ini didukung satu regu dari Satpol PP, Kota Bandung, dan 40 ada dari security atau satpam OPD Pemprov Jabar.

"Jadi itu dalam satu sif, dan kami laksanakan pengawasan itu dua sif, mulai dari pukul 07:00 WIB sampai 19:00 WIB, dan besoknya kembali lagi dengan waktu yang sama," ungkapnya.

2. Petugas akan memberikan edukasi pada pengunjung

Pemprov Jabar Terjunkan Puluhan Petugas Keamanan Jaga Masjid Al JabbarPotret Masjid Al Jabbar (dok. Humas Jabar)

Petugas yang telah disiagakan tidak hanya menjaga keamanan. Ade mengatakan, ada beberapa tugas lain yang diberikan pada personel, seperti memberikan edukasi pada para pengunjung Masjid Al Jabbar untuk melaksanakan aturan yang sudah ada.

"Penegakkan aturan mulai dari ruang utama atau ruang ibadah itu dilarang berfoto sampai di depan mimbar, kemudian tidak boleh botram di tempat ibadah, kemudian memisahkan Ikhwan dam akhwat untuk salat," katanya.

3. Ada area khusus pengujian beristirahat

Pemprov Jabar Terjunkan Puluhan Petugas Keamanan Jaga Masjid Al JabbarPotret Masjid Al Jabbar (dok. Humas Jabar)

Masjid Raya Al Jabbar sendiri memiliki banyak fasilitas yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti ada museum yang mulai dibuka pada bulan depan, serta beberapa lainnya. Sehingga, pengamanan harus diterapkan secara maksimal.

"Untuk di luar, kami sampaikan sesuai dengan arahan pak Gubernur itu ada koridor selatan dan utara untuk digunakan masyarakat atau pengunjung baik beristirahat, berteduh, ataupun makam minum," kata dia.

Baca Juga: Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan Kamil

Baca Juga: Anggaran Masjid Al Jabbar Diprotes, Ini Penjelasan Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya