Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan Kamil

Desain masjid Ridwan Kamil tidak hanya di Indonesia saja

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil merupakan sosok perancang sekaligus pembangun Masjid Al Jabbar. Lewat rancangannya, Pemerintah Provinsi Jabar kini memiliki masjid raya.

Selain merancang Masjid Al Jabbar, Emil sudah banyak mendesain masjid di beberapa daerah lain di Indonesia. Artinya, kita dapat menengok karya Ridwan Kamil tidak hanya di Kota Bandung saja.

Dalam membangun masjid, Emil memiliki alasan khusus, salah satu-satunya adalah amanah dari almarhum ayahnya.

"Almarhum ayah saya itu pengurus masjid jadi saya sering dibawa ke masjid beli semen, beli kayu. Beliau lalu berpesan jangan pernah berhenti membangun masjid," kata Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Berikut daftar 8 masjid selain Al Jabbar yang didesain langsung Ridwan Kamil:

1. Masjid Al- Irsyad, Kota Baru Parahyangan

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan Kamilpotret masjid Al Irsyad (instagram.com/baraimambara)

Masjid ini cukup terkenal untuk wilayah Kabupaten Bandung Barat dan sekitarnya. Berada di  dalam komplek Kota Baru Parahyangan, Masjid Al-Irsyad ternyata langsung didesain oleh Ridwan Kamil.

Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka’bah yang berbentuk kotak. Salah satu Keunikan dari masjid ini terletak pada dinding masjid. Kisi-kisi dinding masjid ini dibuat dengan susunan bata bolong yang membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.

Arsitektur ini berbuah penghargaan. Pada tahun 2010 National Frame Building Association memilih Masjid Al-Irsyad sebagai salah satu dari lima besar “Building of The Year 2010” kategori arsitektur religius.

Selain itu, konsep bangunannya yang ramah lingkungan pun menjadikan masjid ini diganjar penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh Building Construction Information (BCI) Asia.

2. Masjid Raya Al Azhar Summarecon, Bekasi

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan KamilMasjid Raya Al Azhar di Summarecon Bekasi (summareconbekasi.com)

Masjid Raya Al Azhar Summarecon Bekasi berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya, karena mengambil inspirasi dari bangunan Ka'bah di Baitullah Mekah. Ridwan Kamil merancang masjid ini menggunakan material dan desain yang ramah lingkungan.

Masjid yang diresmikan 2013 ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 3000 meter persegi dengan total luas bangunan 1.320 meter persegi yang terdiri dari bangunan dua lantai.

Lantai satunya merupakan semi-basement yang dapat menampung hingga 1200 jamaah dan dilengkapi pula dengan lantai semi-basement yang memiliki aula seluas 260 meter persegi, dan beberapa ruang serbaguna.

Karena letaknya yang berdampingan dengan Sekolah Islam Al Azhar, maka Masjid Raya ini juga dapat dimanfaatkan sebagai laboratorium ahlak dan ruang pendidikan agama bagi setiap pelajar.

3. Masjid Kubah 99 Asmaul Husna, Kota Makassar

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan KamilSalat Id di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna ini berlokasi di atas lahan reklamasi Pantai Losari, Makasar. Masjid ini megah dengan kubah yang ditata hingga berjumlah 99. Desain masjid berukuran 72x45 meter persegi itu memiliki semi-basement untuk aktivitas penunjang masjid, seperti kantor yayasan, galeri Asmaul Husna dan tentu saja tempat wudu serta toilet,

Lantai satu dipergunakan sebagai ruang salat khusus pria, pelataran suci, toko buku dan busana muslim. Lantai dua (mezzanine) dimanfaatkan untuk tempat salat khusus wanita dan teras view water front.

Masjid ini diresmikan 2022 lalu. Seluruh area masjid seluas 20.155 meter persegi dengan daya tampung 13.075 jemaah dengan perincian 3.880 jemaah di ruang salat, 1.005 jemaah di mezzanine, serta pelataran suci yang mampu menampung 8.190 jemaah.

4. Masjid Jami'e Darussalam, Tanah Abang

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan KamilMasjid Jami'e Darussalam, Tanah Abang, Jakarta Pusat (urbane.co.id)

Dikenal sebagai Masjid Segitiga Tanah Abang karena bentuk tak lazim yakni memiliki bentuk segi tiga. Bentuk segitiga menggambarkan keadaan dan cuaca Indonesia yang khas akan iklim tropisnya.

Ruangan utama masjid ini ada di bagian atas, lengkap dengan mimbar dan dinding yang dihias dengan kaligrafi. Diresmikan 2015 lalu, Masjid Jami' Darussalam dinilai sebagai sebuah eksperimen arsitektur dengan geometri segitiga sama sisi.

5. Masjid Syaikh 'Ajlin, Gaza, Palestina

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan KamilMasjid Syekh Ajlin di Gaza, Palestina (instagram.com/ridwankamil)

Masjid Syaikh 'Ajlin, Gaza, Palestina berdiri atas tiga struktur bangunan yang berdampingan secara vertikal. Konon, bentuk bangunan terinspirasi bambu runcing yang melambangkan keberanian dan semangat perjuangan.

Keberadaan Masjid Syaikh Ajilin merupakan hal yang sangat berharga bagi warga Gaza, setelah masjid sebelumnya hancur karena serangan tentara Israel pada 2014 lalu. Masjid yang menggabungkan bentuk bangunan modern dan simbol nilai-nilai Islam diterapkan usai diminta oleh pihak Aman Palestine Indonesia sejak ia menjabat Wali Kota Bandung.

6. Masjid Al Mutazam, Ciganitri, Kota Bandung

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan Kamil(Facebook)

Tak hanya merancang di kawasan terpadu dan berkapasitas besar, Ridwan Kamil merancang Al Mutazam yang berada di sebuah kawasan perumahan di Ciganitri, Kota Bandung dengan desain bangunan berbentuk kubus.

Diresmikan 2017 lalu, keunikan masjid ini terletak pada dindingnya terdapat lafaz hamdalah yang membuat Masjid Al-Multazam makin ikonik.

7. Masjid Al Kamil, Jatigede, Sumedang

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan KamilTwitter Ridwan Kamil

Masjid rancangan Ridwal Kamil yang mengundang atensi warganet lainnya yakni masjid Al Kamil yang terletak di tepian Waduk Jatigede, Sumedang.

Jika masjid-masjid pada umumnya memiliki bentuk kubah yang membulat, masjid Al Kamil ini didesain menyerupai bunga teratai yang sedang mekar. Masjid ini menjadi ikon warga Sumedang dan obyek wisata warga yang melancong ke Waduk Jatigede.

8. Masjid Akbar Seribu Bulan, Banyumas

Tak Kalah Megah dari Al Jabbar, Ini Daftar 8 Masjid Karya Ridwan Kamil(Istimewa)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas tengah membangun Masjid Akbar Seribu Bulan di kawasan kota baru Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Masjid yang akan menjadi masjid terbesar di Kabupaten Banyumas tersebut didesain khusus Ridwan Kamil di mana gagasannya berangkat dari lailatul qadar, malam turunnya Al Quran.

Rencananya masjid itu terdiri atas tiga bangunan. Masing-masing bangunan didesain menyerupai bulan sabit dengan jumlah banyak.

Baca Juga: Anggaran Masjid Al Jabbar Diprotes, Ini Penjelasan Ridwan Kamil

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegur Warga Buang Sampah Sembarangan di Masjid Al Jabbar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya