Ridwan Kamil Tegur Warga Buang Sampah Sembarangan di Masjid Al Jabbar

Ridwan Kamil minta warga jaga kebersihan Masjid Al Jabbar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menegur masyarakat yang membuang sampah sembarangan usai peresmian Masjid Al Jabbar beberapa hari kemarin. Teguran ini disampaikan usai adanya laporan masyarakat di media sosial.

Menurutnya, masyarakat yang datang ke Masjid Al Jabbar harus tetap menjaga kebersihan. Jangan sampai datang kemudian membuang sampah tidak pada tempatnya.

"Jagalah kebersihan kasihan tukang sasapu, bebersih. Sekarang sudah bersih, orang histeris saya memaklumi. Tapi tolong jangan diulangi, masa di masjid kotor," ujar Emil, Senin (2/1/2023).

1. Umat jangan seperti Islam KTP

Ridwan Kamil Tegur Warga Buang Sampah Sembarangan di Masjid Al Jabbar(UPT Pengeolola Sampah DLH Kota Bandung)

Emil menegaskan, umat islam seharusnya memahami pentingnya menjaga kebersihan. Apalagi, di lingkungan tempat ibadah yang merupakan area suci umat islam. Kejadian banyak sampah setelah peresmian Masjid Al Jabbar kemarin diharapakannya jangan terulang.

"Kebersihan itu bagian dari iman. Jadi tolong jangan Islam KTP, hanya selfie-selfie terus ngaruntah (menyampah)," ucapnya.

2. Warga unggah tumpukan sampah di Masjid Al Jabbar

Ridwan Kamil Tegur Warga Buang Sampah Sembarangan di Masjid Al Jabbar(UPT Pengeolola Sampah DLH Kota Bandung)

Sebelumnya, sebuah video berdurasi 27 detik dari warganet, Agam Rizky yang diunggah oleh akun twitter @PRFM memperlihatkan sampah yang berserakan di halaman Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung.

"Wuih sampahnya, wuih keren sampahnya," kata Agam sembari mengambil memperlihatkan kondisi halaman Masjid Raya Al Jabbar.

3. UPT Pengelola Sampah Kota Bandung langsung tindak laporan warga

Ridwan Kamil Tegur Warga Buang Sampah Sembarangan di Masjid Al Jabbar(UPT Pengeolola Sampah DLH Kota Bandung)

Dari video viral ini, UPT Penggelolaan Sampah DLH Kota Bandung melalui akun twitternya @UPTPS_DLHbdg langsung menerjunkan petugas untuk membersihkan area Masjid Raya Al Jabbar.

"Terima kasih atas informasinya, petugas kami sudah melaksanakan tugasnya. Kami berharap agar masyarakat juga dapat membantu kami dengan cara membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Nuhun," tulis akun resmi DLH Kota Bandung.

Baca Juga: Ribuan Jemaah Ikut Salat Jumat saat Peresmian Masjid Al-Jabbar

Baca Juga: Ridwan Kamil Klaim Al Jabbar Adalah Masjid dengan Fasilitas Terlengkap

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya