Ridwan Kamil Klaim Al Jabbar Adalah Masjid dengan Fasilitas Terlengkap

Apa saja memang isinya?

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut Masjid Al Jabbar yang baru diresmikan merupakan masjid dengan fasilitas terlengkap di Indonesia.

Selain tempat ibadah, menurutnya, masjid yang berada di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, itu memiliki museum dan galeri tentang keislaman secara digital. Kemudian area di sekeliling bangunan utama masjid pun memiliki beragam fasilitas.

"Kolamnya, danaunya, menjadi danau rekreasi. Ada taman kota mengelilingi dengan tema 25 nabi dan rasul," kata Ridwan Kamil usai kegiatan peresmian, Jumat (30/12/2022).

1. Pengerjaan infrastruktur lain masih dilakukan

Ridwan Kamil Klaim Al Jabbar Adalah Masjid dengan Fasilitas TerlengkapIDN Times/Debbie Sutrisno

Selain itu, di bagian belakang masjid terdapat pusat jajanan atau food court untuk melengkapi fasilitas bagi masyarakat yang ingin berwisata ke ikon baru Jawa Barat tersebut.

Adapun museum di Masjid Al Jabbar bakal dibuka pada Februari 2023. Sebab Pemprov Jabar masih menyusun sumber daya manusia untuk mengelola fasilitas-fasilitas yang ada.

"Jadi masih ada proses yang sifatnya manajemen SDM-nya yang perlu dibereskan. Yang baru beres adalah infrastrukturnya," kata dia.

2. Masjid yang ramah bagi difabel

Ridwan Kamil Klaim Al Jabbar Adalah Masjid dengan Fasilitas TerlengkapPotret Masjid Al Jabbar (dok. Humas Jabar)

Selain tempat yang nyaman dengan fasilitas berkelas, pembangunan masjid ini tidak melupakan kebutuh para difabel. Masjid Al Jabbar memag didesain agar ramah difabel.

Di sisi kanan dan kiri menuju pintu masjid disiapkan akses ramp bagi warga disabilitas. Bahkan ada dua lift yang memadai untuk naik dan turun bagi pengguna kursi roda. Terdapat juga petugas dari masjid yang akan membantu mendorong kursi roda, bahkan menyediakan kursi roda bagi lansia.

Kemudian ruang wudu dan toilet khusus bagi kalangan difabel juga disiapkan. Beberapa fasilitas menarik lainnya di kawasan masjid juga dapat dengan mudah diakses oleh mereka.

Banyak bagian menarik yang nantinya juga bisa dengan mudah diakses seperti pusat edukasi yang berada di lantai dasar atau di bawah masjid.

Pusat edukasi ini dapat dijangkau baik dari pintu utara, selatan atau dari dalam masjid menuruni tangga. Lokasinya ada di paling belakang masjid.

Pusat edukasi ini terdapat perpustakaan yang nyaman dengan meja dan kursi yang tertata rapi, juga rak-rak buku.

3. Jadi tempat ikonik setelah Gedung Sate

Ridwan Kamil Klaim Al Jabbar Adalah Masjid dengan Fasilitas TerlengkapPotret Masjid Al Jabbar (dok. Humas Jabar)

Menurut Emil, Masjid Al Jabbar merupakan bangunan ikonik kedua yang dimiliki Jawa Barat selain Gedung Sate. Dia pun berharap masjid itu bisa menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat di Jawa Barat.

"Gedung Sate sudah 100 tahun lebih, berikutnya Al Jabbar yang insyallah umurnya panjang seperti Gedung Sate," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya