Pemprov Jabar Salurkan Hewan Kurban Hingga Pelosok Desa

Penyaluran diberikan di 17 titik di 10 kabupaten dan kota

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyalurkan hewan kurban Iduladha 2023 hingga pelosok desa. Penyaluran hewan kurban ini dilakukan oleh Jabar Quick Response (JQR) dengan program Kurban Kemanusiaan.

Dalam program ini hewan kurban dibagikan ke 17 titik di 10 kota dan kabupaten Jawa Barat. Kordinator Operasional JQR, Irvan Hilmi mengatakan, titik yang sudah dipilih ini masuk kriteria terpencil, tingkat konsumsi daging rendah, daerah ekonomi lemah, kelompok rentan dan jarang tersentuh daging kurban selama dua tahun terakhir.

Menurutnya, masih adanya kesenjangan dalam konsumsi daging di masyarakat juga pendistribusian daging kurban yang tidak merata di tiap wilayah. Sehingga, Pemprov Jabar hadir untuk mengatasi persoalan tersebut.

1. Penyaluran tidak sembarangan

Pemprov Jabar Salurkan Hewan Kurban Hingga Pelosok Desailustrasi pemeriksaan hewan kurban (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Irvan Hilmi menambahkan, salah satu wilayah yang turut mendapatkan bantuan ini yaitu Kampung Pasir Haur di Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Pada tahun sebelumnya di kampung itu tidak ada yang bisa berkurban.

"Beberapa wilayah terutama di desa terpencil di Jawa Barat yang memang sudah lama tidak melaksanakan kurban tepatnya di Kampung Pasir Haur, Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, kami mendistribusikan satu ekor domba ukuran besar ke kampung tersebur," ujar Irfan, Sabtu (1/7/2023).

2. Disabilitas juga mendapatkan hak hewan kurban

Pemprov Jabar Salurkan Hewan Kurban Hingga Pelosok DesaIlustrasi penyembelihan hewan kurban. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Irfan menambahkan, JQR juga mendistribusikan hewan kurban ke wilayah Cianjur, di salah satu kampung yang terdampak gempa, tepatnya di Kampung Gasol. Selain itu, distribusi hewan kurban juga diberikan kepada teman-teman disabilitas Komunitas Tunanetra Bandung Sejahtera.

Selain kelompok rentan dan kampung terpencil, Komunitas Disabilitas Netra dan Sekolah Luar Biasa (SLB) juga turut menjadi sasaran penerima Kurban program ini. Beberapa di antaranya adalah SLBN Cicendo dan Komunitas Tunanetra Bandung Sejahtera.

"Ini juga dapat merasakan berkah hari raya ini, dan lebih dari pada itu momentum Iduladha tahun ini bisa kembali menumbuhkan rasa gotong royong warga sehingga bisa berkumpul bersama-sama dan merayakan Idul Adha dengan mengkonsumsi daging bersama," kata Irfan.

3. Desa Telaga Sari sudah lima tahun tidak menyembelih hewan kurban

Pemprov Jabar Salurkan Hewan Kurban Hingga Pelosok DesaIlustrasi pemeriksaan kesehatan mulut sapi. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Tatang, DKM masjid Desa Telaga Sari, mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat Riwan Kamil dan Jabar Quick Response yang telah memberikan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha tahun 2023 ini.

Menurut Tatang kampungnya memang sudah lama tidak mendapatkan bantuan hewan kurban dan sudah lama tidak merasakan daging kurban tiap tahunnya.

"Sudah lima tahun lamanya di kampung ini tidak mendapatkan bantuan hewan kurban. Saya perwakilan warga di Kampung Pasir Haur mengucapkan terima kasih banyak ke Kang Emil nantinya daging hewan kurban ini akan dibagikan secara merata ke warga yang ada disini," ucapnya.

Baca Juga: Minimalisir Korban Kecelakaan, JQR Pantau Objek Wisata di Jabar

Baca Juga: JQR Gelar Doa Bersama untuk Warga Palestina

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya