JQR Gelar Doa Bersama untuk Warga Palestina

Lantunan doa diberikan oleh budayawan dan komunitas di Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Jabar Quick Response (JQR) menggelar doa bersama untuk Palestina di GOR Saparua, Kota Bandung, Kamis (6/4/2023). Doa dilantunkan usai serangan tentara Israel terhadap warga Palestina di Masjid Al Aqsa.

JQR juga menggandeng berbagai komunitas, salah satunya budayawan Sunda, Abah Aat Soeratin. Dia mengatakan, kedatangannya tak lain untuk mendoakan sesama muslim yang terdampak musibah di Palestina.

"Sesama muslim ikut mendoakan, mudah-mudahan saudara kita di sana diberikan kekuatan dan segera mengakhiri penderitaannya. Saya kira, doa bersama untuk Palestina ini sebagai bentuk rasa simpati sesama manusia," ungkap Abah Aat.

1. JQR merupakan bentuk Gubernur Jabar yang paling konsisten

JQR Gelar Doa Bersama untuk Warga Palestina(Istimewa)

Abah Aat menjelaskan, kegiatan yang digagas JQR ini mencerminkan karakteristik JQR yang mengedepankan masalah kemanusiaan. JQR merupakan gagasan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang paling konsisten.

"JQR karakteristiknya adalah menolong. Silih tulungan masyarakat Jawa Barat yang Silih Asah Silih Asuh Silih Asih. JQR dengan konsisten dan menjadi gerakan model masyarakat yang asasnya tolong menolong, kerelawanan dan itu relevansi niscaya merespons masalah kemanusiaan," ungkapnya.

2. Jabar peduli terhadap warga Palestina

JQR Gelar Doa Bersama untuk Warga PalestinaIlustrasi - Seorang pria Palestina berdoa ketika polisi Israel berkumpul selama bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat (7/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Sementara itu, Muhammad Irvan Hilmy selaku Koordinator Operasional JQR mengatakan doa bersama ini sebagai bentuk solidaritas dari Jawa Barat untuk warga Palestina. Hal itu bertujuan untuk menguatkan warga Palestina.

Irvan menambahkan kepedulian Jawa Barat dengan bukti nyata adalah dibangunnya Masjid di Palestina rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Masjid itu diberi nama Syeikh Azlin, yang kini bisa digunakan untuk salat Tarawih pada Ramadan 1444 H.

3. Berharap Warga Palestina diberikan kekuatan

JQR Gelar Doa Bersama untuk Warga PalestinaWarga Palestina terlihat melalui rumah yang rusak saat mereka berkumpul setelah serangan udara Israel, akibat konflik Israel-Palestina, di selatan Jalur Gaza, Rabu (12/5/2021). (ANTARA REUTERS / Ibraheem Abu Mustafa/aww.)

Irvan berharap di bulan Ramadhan yang suci ini warga Palestina diberikan kekuatan atas kekejaman tentara Israel.

"Doa bersama ini sebagai bentuk solidaritas, JQR juga setiap harinya merespons soal kemanusiaan. Masjid yang didesain Gubernur Jawa Barat di Palestina hal itu sebagai bentuk dukungan dari warga Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Gelar Mudik Gratis, Ribuan Tiket Kereta-Bus Disiapkan

Baca Juga: Pemprov Jabar Salurkan Cadangan Pangan ke 4,4 Juta Keluarga

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya