Pemprov Jabar Gelar Mudik Gratis, Ribuan Tiket Kereta-Bus Disiapkan

Masyarakat bisa mendaftarkan diri melalui laman Dishub Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyelenggarakan program mudik gratis pada masa Lebaran 2023. Rencananya program mudik gratis ini dimulai tanggal 15-18 April 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar, A. Koswara mengatakan, moda trasportasi yang akan digunakan dalam program mudik gratis pada Lebaran tahun ini yaitu bus dan kereta api (KA).

"Untuk tiket yang kami siapkan masing-masing sebanyak 6.500 tiket untuk bus, dan 5.954 tiket untuk kereta api," ujar Koswara melalui rilis yang diterima, Kamis (6/4/2023).

1. Pemprov Jabar imbau agar masyarakat manfaatkan mudik gratis ini

Pemprov Jabar Gelar Mudik Gratis, Ribuan Tiket Kereta-Bus DisiapkanIlustrasi program mudik gratis. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Untuk masyarakat Jabar yang akan mengikuti program mudik gratis dapat mengakses pendaftaran melaui website yang telah disediakan. Sedangkan untuk KA Lokal, pendaftaran melalui aplikasi KAI Access akan dibuka sesuai dengan ketentuan layanan reguler.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan mudik gratis ini agar perjalanan mudik dapat ditempuh dengan lebih aman," ungkap Koswara.

2. Masyarakat bisa merasa aman selama mudik lebaran

Pemprov Jabar Gelar Mudik Gratis, Ribuan Tiket Kereta-Bus DisiapkanIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurutnya, libur mudik tahun ini berpotensi mengalami peningkatan, karena aturan pandemik sudah longgar tidak seperti tahun sebelumnya. Mudik gratis juga diberikan agar meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi.

"Masyarakat juga dapat merasakan mudik lebaran yang aman, nyaman, dan tertib sesuai dengan tagline Muara Hati, yaitu Mudik Jabar Juara Sehat, Selamat, dan Tertib," katanya.

3. Kemenhub prediksi ada peningkatan jumlah pemudik 2023

Pemprov Jabar Gelar Mudik Gratis, Ribuan Tiket Kereta-Bus DisiapkanIlustrasi program mudik gratis. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, menurut hasil survei potensi selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H), pergerakan masyarakat akan mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah ini meningkat 14,2 persen jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

"Melihat potensi pergerakan masyarakat yang begitu tinggi pada masa mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan terkait akan menyiapkan langkah-langkah antisipasi. Baik berupa penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, manajemen rekayasa lalu lintas, dan kebijakan lainnya agar penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali," ujar Menhub di Jakarta, Senin (6/3/2023).

Baca Juga: Menhub Minta Pemudik Hindari Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Baca Juga: Jasa Raharja Prediksi Jumlah Pemudik Lebaran 2023 Bakal Meningkat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya