Minimalisir Korban Kecelakaan, JQR Pantau Objek Wisata di Jabar

Wisatawan juga diberikan edukasi mitigasi kebencanaan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melakukan edukasi dan pemantauan di lokasi objek wisata di wilayah Jawa Barat pada libur lebaran 2023. Pemantauan ini dilakukan oleh Jabar Quick Response (JQR).

Adapun beberapa objek wisata yang diberikan edukasi dan pemantauan yaitu Pantai Pangandaran, Batukaras, Madasari, Garut Selatan seperti Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, dan Pantai Plentong Indramayu.

1. Pemantauan diberikan agar wisatawan aman dan nyaman

Minimalisir Korban Kecelakaan, JQR Pantau Objek Wisata di Jabar(Istimewa)

Muhammad Irvan Hilmy, Koordinator Operasional JQR mengatakan, pemantauan keselamatan wisata yang dilakukan JQR berkolaborasi dengan Balawista Pangandaran, Polairud, potensi dan unsur SAR lainnya.

Tujuannya adalah keselamatan para wisatawan yang tengah berlibur bersama sanak saudaranya.

"Intinya pemantauan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk warga Jawa Barat yang sedang berlibur, agar kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi dan meminimalisir kecelakaan khususnya di tempat objek wisata air," ujar Irvan melalui keterangan resmi, Rabu (26/4/2023).

2. Pemantauan nantinya akan lebih terstruktur

Minimalisir Korban Kecelakaan, JQR Pantau Objek Wisata di Jabar(Istimewa)

JQR juga memberikan bantuan logistik kepada para penjaga pantai yang bertugas. Selain itu, JQR melakukan pemantauan di beberapa objek wisata lainnya seperti di Situ Bagendit Garut, serta pemantauan di beberapa gunung seperti gunung Guntur, Gunung Sagara, dan Gunung Cikuray.

"Pemantauan nantinya juga akan dilakukan lebih terstruktur dan melibatkan lagi potensi di daerah-daerah seluruh objek wisata di Jawa Barat," katanya.

3. Belum ada kecelakaan fatal selama awal libur lebaran 2023

Minimalisir Korban Kecelakaan, JQR Pantau Objek Wisata di JabarIlustrasi Mayat (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, salah satu petugas pantai yang tergabung dalam Balawista merupakan petugas pantai bernama Liano menjelaskan selama H-1 lebaran sampai H+3 lebaran di tempat objek wisata Pangandaran sejauh ini berhasil menekan angka kecelakaan yang fatal.

Kata Liano, para petugas pantai dari Balawista tak henti-hentinya bekerja mulai dari pagi sampai malam hari yang selalu mengingatkan para pengunjung wisata untuk mentaati rambu-rambu yang sudah dipasang oleh pihaknya.

"Untuk sejauh ini tidak ada kecelakaan yang fatal, pada intinya juga kami petugas pantai dengan pelaku usaha berkolaborasi untuk saling mengingatkan para wisatawan untuk berhati-hati," kata dia.

Baca Juga: Fasilitasi Warga Jabar Mudik, Pemprov Jabar Gelar Program Mudik Gratis

Baca Juga: Antisipasi Kemacetan Mudik, Pemprov Jabar Siapkan Tiga Ruas Tol Baru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya