Pemprov Jabar Kantongi Nama Enam Pj Bupati dan Wali Kota 

Pj Wali Kota Bandung juga sudah dikantongi Pemprov Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah mengantongi beberapa nama pejabat (Pj) pengganti enam kepala daerah bupati dan wali kota yang masa kepemimpinannya akan berakhir pada September 2023.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, nama Pj enam bupati dan wali kota di Jabar ini nantinya diserahkan pada Gubernur Jabar, dan terakhir diberikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi ada enam daerah. Ini akan ada Pj baru, beberapa aspirasi sudah masuk dari DPRD kabupaten dan kota terutama," ujar Dedi, Sabtu (1/7/2023).

1. Usulan akan disampaikan pada gubernur terlebih dahulu

Pemprov Jabar Kantongi Nama Enam Pj Bupati dan Wali Kota Dedi Supandi, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Nama yang sudah dipegang oleh Pemprov Jabar sendiri, kata Dedi, di antaranya ada yang mengusulkan nama sekda masing-masing daerah. Adapun enam daerah yang akan diisi oleh Pj ini yaitu: Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta dan Sumedang.

"Ada dari sekda kabupaten dan kota sudah masuk sebagai aspirasi dan, Insyaallah akan disampaikan pada pimpinan (gubernur) untuk diusulkan tiga besar ke pemerintah pusat," ucapnya.

2. Ada pejabat dari Pemprov Jabar yang akan diusulkan

Pemprov Jabar Kantongi Nama Enam Pj Bupati dan Wali Kota Kadisdik Jabar sekaligus Ketua Devisi Percepatan Vaksinasi Jabar, Dedi Supandi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dedi belum mengungkapkan secara gamblang siapa saja nama yang sudah diusulkan menjadi Pj dari DPRD masing-masing daerah. Namun, Dia memastikan ada beberapa nama dari kalangan pejabat Pemprov Jabar yang nantinya akan diusulkan.

"Pejabat Pemprov ada. Dari enam kabupaten dan kota yang diusulkan ini ada pejabat Pemprov ada sekda kabupaten dan kota yang akan diusulkan," katanya.

3. Gubernur juga akan berakhir masa jabatannya pada 5 September 2023

Pemprov Jabar Kantongi Nama Enam Pj Bupati dan Wali Kota Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Forum Investasi Jabar Semester 1 2023 di Trans Hotel Bandung (dok. jabarprov.go.id)

Selain Pj enam daerah di Jabar, Jabatan Gubernur Ridwan Kamil juga akan habis pada 5 September 2023. Dedi memastikan untuk nama usulan Pj Gubernur sendiri belum diketahui. Sebab, usulan tanggungjawab dari DPRD Jabar.

"Kalau gubernur masih di DPRD provinsi, ini saya bahas kabupaten dan kota nanti ada enam daerah yang harus diisi oleh Pj dalam September 2023," kata dia.

Adapun kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya di Jabar ada tujuh, termasuk jabatan Gubernur Ridwan Kamil. Berikut daftar lengkapnya:

Selasa 5 September 2023:
-Gubernur Jawa Barat

Rabu 20 September 2023:
-Kota Bekasi
-Kota Bandung
-Kota Sukabumi
-Kabupaten Bandung Barat
-Kabupaten Sumedang
-Kabupaten Purwakarta

Baca Juga: Sosok Pj Gubernur Pengganti Ridwan Kamil Harus Paham Jabar

Baca Juga: Berakhir Masa Jabatan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ogah Nyaleg

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya