Sosok Pj Gubernur Pengganti Ridwan Kamil Harus Paham Jabar

Keputusan Pj Gubernur akan ditentukan pada September 

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) perlahan mulai mengemukakan keriteria-keriteria sosok yang akan diusulkan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) untuk menggantikan Ridwan Kamil ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ketua Komisi 1 DPRD Jabar, Bedi Budiman mengatakan, nama-nama yang akan diusulkan ini pada prinsipnya baru akan ditentukan pada September 2023. Adapun jabatan Gubernur Ridwan Kamil baru akan berakhir pada 5 September 2023.

"H-sebulan itu DPRD bersurat tentang habis jabatan Gubernur Jabar. DPRD hanya mengusulkan. Sesuai pelajaran kemarin, usulan dari DPRD Tasikmalaya ternyata keputusa di kuar DPRD. Mendagri punya hak juga," ujar Bedi saat ditemui di DPRD Jabar, Rabu (31/5/2023).

1. Legislator tidak akan usul sembarang orang

Sosok Pj Gubernur Pengganti Ridwan Kamil Harus Paham JabarKetua Komisi 1 DPRD Jabar, Bedi Budiman (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski nama-nama calon Pj Gubernur Jabar baru akan ditentukan pada September 2023. Politisi PDIP itu mengatakan, legislator kemungkinan akan memilih sosok-sosok yang berkompeten dan tidak asal pilih. Sebab, Pj Gubernur Jabar terpilih nantinya akan memimpin selama satu tahun lebih.

Menurutnya, sosok yang akan dipilih nantinya yang memiliki pemahaman Jabar secara kepemerintahan dan segala macamnya.

Sebab, Jabar sendiri memiliki kompleksitas yang tinggi, di tambah Pj nantinya akan ikut menjaga kondusifitas Pemilu 2024.

"Yang memahami Jawa Barat, karena Jabar dengan kompleksitas tinggi. Penduduk banyak. Selain itu Pj ini kan hadapi pemilu. Biasanya politik di Jakarta bisa imbas ke Jabar. Jadi Pj sebagai forkopimda harus bisa cepat asaptasi," ungkapnya.

2. Sosok bisa dari kalangan manapun

Sosok Pj Gubernur Pengganti Ridwan Kamil Harus Paham JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Disinggung soal sosok yang akan dipilih nanti apakah dari kalangan pejabat di tingkat Provinsi Jabar atau di tingkat pusat, Bedi memastikan hal ini belum bisa disampaikan, sebab DPRD baru akan memutuskan pada September nanti. Namun, dipastikannya sosok yang akan dipilih adalah yang memahami Jabar.

"Saya kira siapapun yang penting paham Jabar. Karena Pj bisa selesai lama. Pilkada November ditambah sampai pengumuan dan pelantikan jadi panjang. Sosok harus paham pemerintahan, kompleksitas, kerawanan," katnya.

3. Pj Gubernur harus memahami birokrasi dan pemerintahan

Sosok Pj Gubernur Pengganti Ridwan Kamil Harus Paham JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat di Gedung TVRI Jabar, Kota Bandung, Kamis (30/3/2023). (Dok. Pemprov Jabar)

Selain itu, dari segi pemerintahan, Bedi mengatakan, Pj Gubernur Jabar nantinya akan turut membahas Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Sehingga, Pj Gubernur harus benar-benar sosok yang mempuni di bidangnya.

"Terus juga dalam rentang setahun lebih itu kan banyak dibahas. Ada RPJMD, karena Gubernur Ridwan Kamil habis. Jadi dia harus punya visi juga walaupun pendek. Harus paham RPJP," kata dia.

4. Ada banyak kepala daerah di Jabar yang masa jabatannya berakhir 2023

Sosok Pj Gubernur Pengganti Ridwan Kamil Harus Paham JabarGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum akan berakhir pada 5 September 2023. Selain itu ada 15 kepala daerah lainnya di Jabar yang masa jabatannya akan berakhir pada 2023 ini.

Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar, Dedi Supandi mengatakan, jika di luar masa jabatan gubernur ada 15 kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya di 2023. Dalam waktu dekat ada Pj Bupati Bekasi.

Adapun Pj Bekasi saat ini sudah terpilih yaitu Dani Ramdan yang merupakan usulan Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dani Ramdan resmi menjadi Pj Bupati Bekasi pada 23 Mei 2023.

Untuk kepala daerah yang habis masa jabatannya pada bulan September 2023, kata Dedi, nantinya akan diusulkan pada Agustus 2023. Adapun usulan pengganti gubernur nantinya akan dilakukan oleh DPRD Jabar.

"Usulannya DPRD Jabar sama aja tiga nama nanti caranya pola rapat konsultasi pimpinan dan menyerap dari praksi praksi kira-kira tiga nama siapa bisa ke DPRD. Kalau berakhir September, data dari kemeterian dan Juni ini sudah ada pengajuan karena poses tidak hanya satu," kata dia.

Berikut daftar kepala daerah di Jabar yang habis masa jabatannya di 2023:

1.Selasa 23 Mei 2023
-Kabupaten Bekasi

2.Minggu 22 Oktober 2023
-Kota Cimahi

3.Selasa 14 November 2023
-Kota Tasikmalaya

4.Selasa 5 September 2023
-Gubernur Jawa Barat

5.Rabu 20 September 2023
-Kota Bekasi
-Kota Bandung
-Kota Sukabumi
-Kabupaten Bandung Barat
-Kabupaten Sumedang
-Kabupaten Purwakarta

6. Senin 4 Desember 2023
-Kota Banjar
-Kabupaten Kuningan

7.Selasa 12 Desember 2023
-Kota Cirebon

8. Selasa 19 Desember 2023
-Kabupaten Subang
-Kabupaten Majalengka

9. Sabtu 30 Desember 2023
-Kabupaten Bogor

Baca Juga: Nasib 32 Ribu Honorer Pemprov Jabar Diujung Tanduk

Baca Juga: 5 Upaya Pemprov Jabar Ciptakan Ponpes Mandiri Lewat Program OPOP

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya