Pandemik COVID-19 Belum Usai, 11 Titik Jalan di Bandung Bakal Ditutup

Buka tutup berlaku pukul 21:00 WIB malam hingga 06:00 WIB

Bandung, IDN Times - Pandemik virus corona di Kota Bandung belum selesai. Meskipun, kasus positif aktif menurun, Pemerintah Kota Bandung terus mengantisipasi bertambahnya pasien positif baru virus corona.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Bandung adalah dengan membatasi pergerakan warga dan kerumunan yang sangat berpotensi terjadinya penularan virus corona. Melalui Polrestabes Bandung, pergerakan masyarakat ini akan dibatasi dengan menutup 11 titik jalan di sepanjang jalur Lingkar Selatan.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur mengatakan, penutupan ruas jalan ini semata-mata membatasi akses masyarakat masuk Kota Bandung. 

"Kami mengutamakan kesehatan yang penting upaya untuk menghindari masyarakat dari berkumpul, hal tersebut juga untuk menghindari penyebaran COVID-19," ujar Bayu saat ditemui di Jalan Jakarta, Senin (20/7/2020).

1. Buka tutup berlaku setiap hari

Pandemik COVID-19 Belum Usai, 11 Titik Jalan di Bandung Bakal DitutupIDN Times/Yogi Pasha

Bayu menuturkan, wilayah yang akan diberlakukan buka tutup ada di sepanjang jalur lingkar selatan dari Gatsu ke Buahbatu dan wilayah Kopo, Cibereum. Adapun penutupan tersebut akan diberlakukan setiap hari.

"Mulainya dari minggu lalu, dilaksanakan kemudian tiap hari. Penutupan sampai terakhir sabtu kemarin berharap disiplin masyarakat akan muncul," ungkapnya.

2. Wilayah lingkar selatan banyak kendaraan masuk Kota Bandung

Pandemik COVID-19 Belum Usai, 11 Titik Jalan di Bandung Bakal Ditutupfreepic

Bayu menjelaskan, pertimbangan lingkar selatan yang diberlakukan buka tutup, karena wilayah tersebut sebagai gerbang masyarakat luar Kota Bandung. Adapun wilayah timur saat ini juga berencana akan diberlakukan hal serupa.

"Kita sudah mengantisipasi, untuk waktu penutupan dari pukul sembilan malam sampai pukul enam pagi," katanya.

3. Jalan Ahmad Yani juga akan ditutup pada 3 Agustus 2020 karena proyek flyover

Pandemik COVID-19 Belum Usai, 11 Titik Jalan di Bandung Bakal Ditutuphttps://commandcenter.bandung.go.id/flyover-jalan-jakarta-dan-laswi-mulai-dibangun/

Disamping itu, Bayu juga mengatakan, pada 3 Agustus 2020 perempatan Jalan Jendral Ahmad Yani juga akan ditutup setiap pukul 23:00 WIB. Pada waktu tersebut pemasangan Grider atau penyambung Flyover Jalan Jakarta dengan Jalan Supratman.

"Pemasangan Grider di Jalan Jakarta dan Jalan Supratman. Akan dilaksanakan kurang lebih empat hari dan penutupan akan dilaksanakan malam hari jam 23 sampai 4 pagi," jelasnya.

4. Sejumlah jalan di wilayah Ahmad Yani juga akan direkayasa

Pandemik COVID-19 Belum Usai, 11 Titik Jalan di Bandung Bakal DitutupPx here

bayu menambahkan, kendaraan yang berasal dari Jalan Jakarta akan diarahkan untuk melalui Jalan Sukabumi. Sementara, kendaraan dari arah barat Jalan Jendral Ahmad Yani, akan diarahkan melalui Jalan Bengawan.

"Arah Kosambi akan diarahkan ke Bengawan, ke PPI, serta Jalan Pahlawan, dari Pahlawan memasuki PH Mustofa, kendaraan ke Cicadas bisa menggunakan kembali Ahmad Yani. Dari arah timur tetap Jalan Jakarta digunakan nanti pengalihan arus ke arah Jalan Sukabumi," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Izinkan Salat Idul Adha, Jemaah Dibatasi 50 Persen

Baca Juga: Polrestabes Bandung Tetap Berlakukan Buka Tutup Jalan Selama AKB

Baca Juga: Polrestabes Bandung: Volume Kendaraan Naik hingga 80 Persen  Usai PSBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya