Malam Tahun Baru, Oded: Daripada Hura-hura Mending Muhasabah di Masjid

Malam tahun baru harus dijadikan sebagai refleksi diri

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M danial mengajak masyarakat untuk tidak berhura-hura pada saat malam Tahun Baru 2020, nanti. Dia menyarankan agar warga bisa mengisi malam tahun baru dengan muhasabah di masjid atau tempat ibadah sesuai keyakinan masing-masing.

Oded mengatakan, momen pergantian tahun sebaiknya dilakukan dengan hal positif, misalnya bermuhasabah dan melakukan beberapa kegiatan positif lainnya.

"Saya mengimbau mari kita muhasabah diri dan tidak ada kegiatan yang sifatnya hura-hura," ujar Oded saat ditemui di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Kamis (26/12).

Baca Juga: Chickenisasi Berhasil, Oded Bakal Tambah 10 Ribu Anak Ayam di Bandung

1. Pemkot Bandung sediakan ruang untuk bermuhasabah

Malam Tahun Baru, Oded: Daripada Hura-hura Mending Muhasabah di MasjidIDN Times/Bagus F

Oded mengatkan, untuk masyarakat yang hendak bermuhasabah, Pemkot Bandung akan menggelar acara muhasabah di Masjid Al Ukhuwah dengan tajuk 'Bandung Berzikir'. Oded juga meminta seluruh wilayah di Kota Bandung melaksanakan kegiatan yang sama.

"Dengan muhasabah diri bisa mengevaluasi diri kita, apakah tahun ini lebih baik dari tahun kemarin atau tidak. Dan apakah lebih baik tahun depan," ungkapnya.

Baca Juga: Ruang Disabilitas Masih Minim, Emil dan Oded Harus Tiru Langkah Jokowi

2. Muhasabah akan digelar hingga subuh berjamaah

Malam Tahun Baru, Oded: Daripada Hura-hura Mending Muhasabah di MasjidIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkot Bandung, Bambang Sukardi menambahkan, kegiatan muhasabah dari Pemkot Bandung akan berlangsung saat malam pergantian tahun. Setalah itu, pada pagi harinya akan dilanjutkan dengan agenda bersih-bersih Bandung.

"Pada saat malam tahun baru itu sampai subuh ada kajian Al Qur'an, tausiah sampai dengan adanya itikaf. Dilanjutkan dengan kegiatan salat subuh berjamaah, dilanjutkan bebersih Bandung," ujar Bambang.

"Kegiatan serupa dilakukan juga di 30 kecamatan dan 151 kelurahan. Itu sudah diimbau langsung oleh Pak Wali Kota," tambahnya.

Baca Juga: Akui Salah, Oded Pastikan PKL Cicadas Hanya Sementara dan Bakal Dipindah

3. Muhasabah adalah upaya antisipasi agar masyarakat tidak hura-hura

Malam Tahun Baru, Oded: Daripada Hura-hura Mending Muhasabah di MasjidIDN Times/Yogi Pasha

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, kegiatan muhasabah Bandung Berzikir ini adalah salah satu bentuk upaya antisipasi kepada masyarakat Kota Bandung khususnya agar tidak melakukan kegiatan yang sifatnya hura-hura dan perbuatan ekspresi berlebihan.

"Mudah mudahan pada kegiatannya itu untuk antisipasi kegiatan hura-hura dan masyarakat tidak perlu berbondong-bondong ke tempat pusat kota tetapi melaksanakan dzikir bersama," tuturnya.

Baca Juga: 11 Rumah di Astanaanyar Terbakar, Oded Sewakan 34 KK Kontrakan

4. Keinginan dari Wali Kota Bandung untuk imbauan tersebut sudah jelas

Malam Tahun Baru, Oded: Daripada Hura-hura Mending Muhasabah di MasjidIDN Times/Yogi Pasha

Imbauan Wali Kota menurutnya sudah sangat jelas, bahwa masyarakat harus menyadari bahwa dengan masuknya tahun baru secara otomatis umur akan bertambah, sehingga ada baiknya ber tafakur dan mengurangi kegiatan hura-hura.

"Harus tafakur, bahwa kita semakin berkurang usia kita. Itu imbauan-imbauan yang dilakukan pak wali," kata dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya