11 Rumah di Astanaanyar Terbakar, Oded Sewakan 34 KK Kontrakan

Bantuan berupa jaminan tempat tinggal dan bantuan usaha

Bandung, IDN Times - Puluhan Kepala Keluarga (KK) di RT05/03, Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung bisa bernafas lega saat ini. Sebab, 115 jiwa yang tinggal di 11 rumah pascakebakaran minggu lalu bisa memiliki tempat tinggal sementara.

Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan jaminan kepada 34 KK atau sekitar 115 jiwa dengan memberikan modal sewa rumah sementara. Kepastian itu disampaikan Oded saat mengunjungi korban terdampak kebakaran, Kamis(26/12).

Baca Juga: Kisruh Rumah Deret Tamansari, Korban Penggusuran Tutup Diri Bertemu Oded

1. Ada 34 KK dan 115 Jiwa terdampak dari kebakaran tersebut

11 Rumah di Astanaanyar Terbakar, Oded Sewakan 34 KK KontrakanIDN Times/Dok Pribadi

Oded menuturkan, kejadian kebakaran pada minggu lalu merupakan musibah, dimana 34 KK atau 115 jiwa terkena dampak. Namun bersyukur karena dinas terkait dapat sigap melakukan penyelamatan.

"Alhamdulilah dengan cepat tanggap dari teman-teman dan dinas terkait, alhamdulilah bisa diselesaikan dengan baik," ujar Oded usai mengunjungi lokasi kebakaran.

Baca Juga: Akui Salah, Oded Pastikan PKL Cicadas Hanya Sementara dan Bakal Dipindah

2. Oded diminta datang dan berikan bantuan oleh korban

11 Rumah di Astanaanyar Terbakar, Oded Sewakan 34 KK KontrakanIDN Times/Debbie Sutrisno

Oded menyebutkan, kedatangannya ke lokasi kejadian merupakan dorongan para korban. Ia mengaku, para korban meminta dirinya untuk hadir dan memberikan bantuan berupa ,odal dan sewa kamar kontrakan. 

"Mereka meminta ke Mang Oded, meminta kontrakan atau sewaan. Mereka juga ada yang mesin jahitnya hangus terbakar. Sisi modal meminta juga Insyaallah kita usahakan juga untuk mereka," katanya.

Baca Juga: Program Kerja Oke, Oded hingga Cellica Dapat Penghargaan Kepemudaan

3. Hanya kerugian material dan tidak ada korban jiwa

11 Rumah di Astanaanyar Terbakar, Oded Sewakan 34 KK KontrakanIDN Times/Yogi Pasha

Sebelumnya, insiden kebakaran yang menghanguskan belasan rumah tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun, beberapa kerugian material dari beberapa kepala keluarga menjadi hal yang paling penting untuk segera dicarikan solusi oleh Pemkot Bandung.

Oded pun berjanji akan memenuhi beberapa keinginan dari para korban, mulai pemberian bantuan usaha hingga tempat tinggal sementara.

Baca Juga: Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita Bersama

4. Api sempat berusaha dipadamkan oleh warga setempat

11 Rumah di Astanaanyar Terbakar, Oded Sewakan 34 KK KontrakanIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kabid Pemadaman Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung A Kurnia mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, kebakaran berawal dari salah satu rumah warga. Saat api muncul warga mencoba melakukan pemadaman namun tidak berhasil.

"Keterangan dari RT setempat, yang sedang di luar tiba-tiba melihat api sudah besar di rumah Ibu Fanni di lantai dua. Warga memadamkan dengan alat sederhana dan beberapa warga minta batuan ke Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya