Macet karena Proyek Flyover, Lalin Jalan Jakarta-Supratman Direkayasa

Satlantas Polrestabes Bandung sedang siapkan skema rekayasa

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung merencanakan untuk melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar pembangunan jalan layang atau Flyover Jalan Jakarta-Supratman. Rekayasa diberlakukan untuk mengurangi kemacetan akibat pembangunan infrastruktur tersebut.

Kepala Satlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, skema yang akan diterapkan kemungkinan akan menutup penuh Jalan Jakarta. Sedangkan, kendaraan dari arah timur akan dialihkan menuju Jalan Ibrahim Adjie lalu masuk ke Jalan Gatot Subroto.

"Sedangkan di Jalan Gatot Subroto juga itu ada pembangunan flyover. Jadi kita akan rekayasa juga dari arah Antapani itu langsung belok ke kanan ke Cicadas," ujar Bayu saat ditemui di Polrestabes Bandung, Selasa (14/7/2020).

1. Jalan Ahmad Yani akan diberlakukan dua arah

Macet karena Proyek Flyover, Lalin Jalan Jakarta-Supratman DirekayasaIDN Times/Galih Persiana

Adapun untuk rekayasa pembuangan arus ke arah Cicadas, Bayu menyebutkan, nantinya polisi akan menerapkan lalu lintas dua arah di Jalan Ibrahim Adjie utara, setelah perempatan Jalan Jakarta. Kemudian akan tembus ke Jalan Ahmad Yani yang akan diberlakukan dua arah.

"Jadi itu pun dua arah, tetapi pada saat sore hari itu akan balik lagi karena yang dari arah timur akan kita arahkan ke Kiaracondong, jadi kalau sore kita buang semuanya," ungkapnya.

2. Skema rekayasa lalin belum diputuskan

Macet karena Proyek Flyover, Lalin Jalan Jakarta-Supratman DirekayasaIDN Times/Debbie Sutrisno

Kemudian, untuk skema ke dua, Polrestabes Bandung akan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan tidak menutup jalan dan memanfaatkan bahu jalan di sekitar Jalan Jakarta. Namun, menurutnya hal tersebut masih belum diputuskan.

"Keputusan masih belum diresmikan. Saat ini kendaraan di Kota Bandung masih didominasi dari arah timur," katanya.

3. Masyarakat Kota Bandung perlu mengetahui skema tersebut

Macet karena Proyek Flyover, Lalin Jalan Jakarta-Supratman Direkayasaistockphoto.com

Bayu mengungkapkan, selain skema tersebut, saat ini Polrestabes Bandung sudah memberlakukan penutupan arus dari arah Jalan Jakarta menuju Jalan Supratman. Di mana kendaraan dari Jalan Supratman diharuskan belok kanan melalui Jalan Ahmad Yani.

"Ini perlu diketahui oleh masyarakat, bahwa nanti rekayasa tersebut menjadi bahan pertimbangan oleh masyarakat Kota Bandung ketika hendak masuk wilayah Kota," kata dia.

4. Pembangunan flyover ditargetkan selesai akhir tahun ini

Macet karena Proyek Flyover, Lalin Jalan Jakarta-Supratman Direkayasahttps://commandcenter.bandung.go.id/flyover-jalan-jakarta-dan-laswi-mulai-dibangun/

Seperti diketahui, ada dua pembangunan flyover di Kota Bandung, yakni flyover Jalan Laswi-Pelajar Pejuang dan Jalan Jakarta-Ahmad Yani. Proyek tersebut dibangun atas kerjasama Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung.

Berdasarkan data yang dihimpun IDN TImes, kedua proyek tersebut akan diselesaikan dalam tahun ini. Meski begitu, pembangunan sempat terhenti beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Besok, 600 Warga Sekitar Secapa AD Jalani Rapid Test! 

Baca Juga: Klaster Corona Secapa AD Menjadi Contoh, Millennial OTG Lebih Bahaya 

Baca Juga: Bandung Dikepung Klaster Secapa AD, Pemkot Tetap Lanjutkan Relaksasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya