Kebakaran Kampung Turis Pangandaran Hanguskan Tiga Restoran

Kepolisian melakukan penyelidikan penyebab kebakaran

Bandung, IDN Times - Kebakaran terjadi di Kampung Turis Jalan Pamugaran, Bulak Laut, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Kamis (31/8/2023) pukul 08.00 WIB. Peristiwa ini membuat tiga restoran hangus terbakar.

Kapolres Pangandaran AKBP Imara mengatakan, kepolisian mulanya mengetahui peristiwa ini berdasarkan laporan masyarakat pada pukul 08.45 WIB. Setelah itu, aparat langsung berkoordinasi dengan pemadam kebakaran.

"Kami komunikasi dengan Damkar Pangandaran, pemadaman api dibantu juga warga untuk memadamkan api. Sampai saat ini alhamdulillah belum ada korban jiwa," ujar Imara, Kamis (31/8/2023).

1. Kobaran api belum bisa dipastikan berasal dari kompor restoran

Kebakaran Kampung Turis Pangandaran Hanguskan Tiga RestoranIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Peristiwa kebakaran ini juga terekam video dan viral di media sosial Instagram hingga Twitter atau X. Dari peristiwa ini kepolisian masih melakukan penelusuran penyebab utama hingga memberanguskan tiga restoran.

"Kami masih telusuri apakah dari korsleting listrik, api kompor ataupun lainnya, kami masih dalam proses penyelidikan. Kerugian masih dihitung, belum ada korban jiwa," kata Imara.

2. Kondisi ini diperparah cuaca

Kebakaran Kampung Turis Pangandaran Hanguskan Tiga RestoranIlustrasi Kebakaran

Polres Pangandaran mengimbau pada masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan dari kobaran api. Sebab saat ini masuk musim kemarau, di mana dalam kondisi tersebut api bisa mudah membesar.

"Penyebabnya masih kami dalami, karena ini pinggir laut, angin sangat kencang, sehingga terbakar sedikit saja merembet ke kanan kiri," katanya.

3. Petugas Damkar Pangandaran berusaha padamkan api

Kebakaran Kampung Turis Pangandaran Hanguskan Tiga RestoranIlustrasi kebakaran

Sedangkan Kepala Bidang Damkar Pangandaran, Kusnaya mengatakan, petugas pemadaman telah dikerahkan dengan menurunkan dua unit damkar dan satu unit bantuan BPBD, PMI dan DLHK. Dia memastikan proses pemadaman berlangsung selama dua jam lamanya.

"Kami dapat laporan sekitar pukul 08.50 WIB. Dari pos terdekat kami sudah satu unit mobil Damkar pertama menuju lokasi sisanya menyusul. Petugas sudah di lokasi kejadian jam 09.00, dan langsung lakukan pemadaman," kata dia.

Baca Juga: Penanganan Kebakaran Sampah di TPA Sarimukti Sudah 90 Persen

Baca Juga: Masuk Hari ke-11, Kobaran Api di TPA Sarimukti Belum Padam

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya