Jemmah Haji Asal Ciayumajakuning Berangkat Lewat BIJB Kertajti

Jemaah haji Ciayumajakuning tempati Asrama Haji Indramayu

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memastikan jemaah haji asal Ciayumajakuning serta Kabupaten Subang dan Sumedang akan berangkat lewat Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Adapun jemaah Ciayumajakuning ini berasal dari Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Jabar, Dedi Supandi mengatakan, Jawa Barat mendapatkan kuota jemaah haji paling banyak di Indonesia yaitu sebanyak 38.374 jemaah.

"Nah dari 38.374 ini terbagi di dua asrama haji, yaitu asrama Haji Indramayu dan asrama haji yang di Bekasi," ujar Dedi, Selasa (7/3/2023).

1. Fasilitas asrama akan dibantu Pemprov Jabar

Jemmah Haji Asal Ciayumajakuning Berangkat Lewat BIJB KertajtiIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dedi menjelaskan, asrama haji Indramayu dikhususkan memfasilitasi jemaah dari Kota Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka, Subang dan Sumedang dengan total 22 kloter penerbangan melalui BIJB Kertajati.

Kementerian Agama pub telah men-dropping anggaran sebesar Rp6,7 miliar. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk sarana jalan, penerangan jalan umum dan prasarananya lainnya.

"Lainnya akan kita bantu secara kolaborasi dari BUMD untuk memenuhi kebutuhan sarana air dan juga tempat wudhu dan lain sebagainya," ungkapnya.

2. Asrama akan dijadikan masjid sementara

Jemmah Haji Asal Ciayumajakuning Berangkat Lewat BIJB KertajtiIlustrasi jemaah haji di Asrama Haji. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Asrama di Indramayu sendiri untuk sementara akan difungsikan sebagai masjid. Aula yang terdiri dari dua lantai itu, salah satu lantainya akan digunakan sebagai sarana pertemuan sedangkan lantai dua akan dijadikan masjid.

"Kalau masjid akan kami support tapi rencana pembangunan tidak untuk di tahun ini. Jadi kami akan pergunakan memaksimalkan sarana yang ada yang penting asrama haji ini bisa digunakan per tanggal 24 Mei ini," ucapnya.

3. Keberangkatan haji lewat BIJB Kertajati dipastikan sudah siap

Jemmah Haji Asal Ciayumajakuning Berangkat Lewat BIJB KertajtiBandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Dok. BIJB

Sedangkan, kelengkapan di Bandara Internasional Kertajati yang juga menjadi embarkasi haji 2023 untuk jemaah haji asal Ciayumajakuning, telah dipastikan sudah siap untuk memberangkatkan jemaah ke tanah suci.

"Kemarin masih ada kekurangan kursi ruang tunggu, terus alat-alat charger, sama kita mau fasilitasi agar imigrasi yang dari Arab Saudi juga hadir di BIJB dan mereka itu bisa melakukan imigrasi langsung di Indonesia," katanya.

Dihubungi terpisah, Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustjam mengatakan, ia akan mendorong agar asrama tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pelayanan kepada masyarakat. Terutama calon jemaah haji yang akan berangkat di 2023.

"Pemprov bisa bantu untuk jalan lingkungan dan peneranagan dan masjid juga. Tapi untuk masjid rupanya enggak akan keburu paling kami dorong ke jalan dan penerangan," katanya.

Baca Juga: Kabar Baik! BIJB Kertajati Dapat Izin Terbangkan Jemaah Haji Tahun Ini

Baca Juga: Jual Saham BIJB Kertajati ke Asing Dipilih demi Nasib Bandara

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya