Kabar Baik! BIJB Kertajati Dapat Izin Terbangkan Jemaah Haji Tahun Ini

BIJB Kertajati sudah memenuhi standar pemberangkatan haji

Bandung, IDN Times - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mendapatkan izin untuk menerbangkan jemaah haji di 2023. Arab Saudi sudah mengecek langsung kesiapan bandara pada beberapa hari kemarin. 

Meski sudah mendapatkan izin, Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novrian mengatakan, calon jemaah haji yang akan diberangkatkan baru berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning).

"Planning (persiapan) awal sementara dari daerah itu, Kertajati untuk pemberangkatan jemaah (asal) Ciayumajakuning, terus Sumedang dan Subang," ujar Boy saat dikonfirmasi, Sabtu (18/2/2023).

1. Arab Saudi pastikan BIJB Kertajati bisa terbangkan jemaah haji

Kabar Baik! BIJB Kertajati Dapat Izin Terbangkan Jemaah Haji Tahun IniIDN Times/Debbie Sutrisno

Boy menjelaskan, otoritas atau Pemerintah Arab Saudi sudah mengunjungi dan mengecek secara langsung kelayakan Bandara Kertajati. Dari pengecekan ini keluar izin untuk bisa berangkatkan calon jemaah haji tahun ini.

"Kemarin ada kunjungan dari GK atau pihak Perhubungan dari Arab Saudi terkait kesiapan Kertajati untuk haji tahun 2023. Alhamdulillah hasilnya positif, GK sudah setuju, bahkan Saudi Airlane (maskapai) itu bisa menggunakan Bandara Kertajati (untuk penerbangannya)," jelasnya.

2. Kuota haji masih belum diketahui

Kabar Baik! BIJB Kertajati Dapat Izin Terbangkan Jemaah Haji Tahun Iniilustrasi haji (IDN Times/Aditya Pratama)

Asrama haji yang ada di Indramayu juga sudah dinilai siap oleh Arab Saudi. Namun, Boy mengungkapkan, Kemenag belum bisa memastikan jumlah calon jamaah haji yang akan berangkat dari Bandara Kertajati.

"Kuota haji memang masih menunggu untuk tingkat provinsi, belum ditetapkan secara nasional. Masih menunggu Kementerian Agama.  Sadang disusun, mungkun satu atau dua hari ini atau Minggu ini (penetapan kuota jamaah)," katanya. 

3. Ridwan Kamil pastikan Tol Cisumdawu bisa digunakan

Kabar Baik! BIJB Kertajati Dapat Izin Terbangkan Jemaah Haji Tahun IniGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, Pemerintah Arab Saudi sudah menyetujui dan mengizinkan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji tahun 2023. Semua fasilitas juga dinilai sudah memenuhi aturan dari Arab Saudi.

"Insya Allah dalam waktu dekat Cisumdawu nya (Tol) juga akan diresmikan Presiden karena sudah selesai," kata dia beberapa waktu kemarin.

Baca Juga: Jual Saham BIJB Kertajati ke Asing Dipilih demi Nasib Bandara

Baca Juga: PT BIJB Bocorkan Perusahaan yang Akan Beli Bandara Udara Kertajati

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya