Jelang PSBB, 4.668 Masyarakat Kota Bandung Terima Bansos Pemprov Jabar

Satu orang mendapat uang Rp150.000 dan sembako

Bandung, IDN Times - Pemerintahan Provinsi Jawa Barat telah menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai dan pangan senilai Rp500 ribu untuk 4.668 masyarakat Kota Bandung. Bantuan itu diserahkan di Kantor Pos Sentral Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Minggu (19/4). 

Bantuan diberikan Pemprov Jabar untuk warga terdampak keputusan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Kota Bandung yang akan berlaku mulai Rabu (22/4). Adapun rincian bantuan tersebut yakni uang tunai sebesar Rp150 ribu, dan Rp350 ribu dalam bentuk 10 kilogram beras, satu kilogram terigu, satu kilogram gula pasir, dua liter minyak goreng dan dua kilogram telur. Bantuan akan diberikan tiga kali yaitu bulan April, Mei, dan Juni.

1. Distribusi bansos dari pintu ke pintu

Jelang PSBB, 4.668 Masyarakat Kota Bandung Terima Bansos Pemprov JabarIDN Times/Eiger

Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil mengatakan, distribusi bantuan PSBB untuk wilayah Kota Bandung dilakukan menggunakan jasa ojek berbasis aplikasi daring atau ojek online (ojol) dan Kantor Pos.

"Kali ini kita lakukan pengecekan serta persiapan untuk mengantarkan bantuan ini kepada warga Bandung," ujar pria yang akrab dengan sapaan Emil itu dalam keterangan resminya, Minggu (19/4).

2. Penerima Bansos sesuai data dari RW di wilayah Kota Bandung

Jelang PSBB, 4.668 Masyarakat Kota Bandung Terima Bansos Pemprov JabarDok.Humas Jabar

Sedangkan Ketua Satgas Kantor SPP PT Pos Kota Bandung, Burhanudin menjelaskan, pendistribusian bansos untuk Kota Bandung memiliki kuota sebanyak 4.668 orang. Para penerima itu telah terdata sesuai klasifikasinya.

"Ini akan distribusikan kepada penerima yang berhak. Kami akan mencacah sesuai dengan tahap sasaran. Kami koordinasi dengan camat, lurah RT dan RW untuk memeriksa apakah yang bersangkutan itu ada atau tidak sesuai dengan alamatnya," jelasnya.

3. Tidak hanya ojol, pegawai kantor pos juga ikut mendistribusikan bansos

Jelang PSBB, 4.668 Masyarakat Kota Bandung Terima Bansos Pemprov JabarIDN Times/Bagus F

Burhanudin menjelaskan, pola memberikan bansos menggunakan jasa ojol dan pegawai Kantor Pos. Para pengantar bantuan dari PT Pos berjumlah 138 orang, sementara 20 orang lainnya berstatus ojol.

"Jadi dari Bulog barangnya ditaruh di Kantor Pos. Dari Kantor Pos dikirim oleh pegawai mereka dan ojek online hingga sampai ke rumah-rumah sesuai data," tutur dia.

"Satu motor itu maksimal 3 paket bantuan. Mudah-mudahan bantuan ini bisa diterima dan dimanfaatkan oleh warga Bandung," katanya.

4. Pemkot berterimakasih kepada Pemprov Jabar

Jelang PSBB, 4.668 Masyarakat Kota Bandung Terima Bansos Pemprov JabarIDN Times/Bagus F

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandung, Eric M. Attauriq mengucapkan terima kasih atas bantuan yang akan disalurkan kepada warga Bandung itu. Ia mengatakan bahwa apa yang dicairkan Pemprov Jabar sangat meringankan kebutuhan warga Bandung sehari-hari.

"Alhamdulilah sebelum PSBB bantuan pemprov Jabar sudah disalurkan," kata dia.

Baca Juga: Perwal Sudah Diteken, Pemkot Bandung Simulasi PSBB Besok

Baca Juga: Pengusaha Bandel, Pemkot Bandung Tutup Paksa Metro Indah Mal

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya