Jelang Pengoperasian Whoosh, Dishub Jabar: Akses Shuttle Sudah Mantap

Dishub Jabar sudah perhitungan semua akses pendukung Whoosh

Bandung, IDN Times - Pemerintah pusat menargetkan mengoperasikan secara penuh Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh pada awal Oktober 2023. Pemprov Jawa Barat kini mulai mematangkan sejumlah fasilitas pendukung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, A. Koswara mengatakan, beberapa fasilitas perhubungan yang disiapkan oleh Pemprov Jabar yaitu shuttle bus ke Stasiun KCJB Tegalluar, dan kereta feeder ke Stasiun Padalarang.

"Kita sudah memperhitungkan penumpang yang turun di Tegalluar itu 40% penumpang. Dari kapasitas kereta Whoosh yang 600 seat. Kita siapkan 300 seat kereta feeder di Tegalluar," ujar Koswara, Selasa (26/9/2023).

1. Akses menuju Stasiun Tegalluar sudah mantap

Jelang Pengoperasian Whoosh, Dishub Jabar: Akses Shuttle Sudah MantapKepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, A. Koswara

Koswara menjelaskan, untuk penumpang Whoosh dari Stasiun Padalarang nantinya akan diangkut semua menggunakan kereta feeder. Sedangkan dari Stasiun Tegalluar akan menggunakan shuttle. Adapun total shuttle yang disediakan ada 12, delapan dari Damri, empat dari Bluebird.

"Jadi masyarakat yang akan menggunakan kereta cepat dari Tegalluar, dia menyimpan kendaraan di pool Damri disitu kemudian naik shuttle kesini (Tegalluar). Kemudian stasiun kereta yang dilayani jalur Damri itu ada stasiun Gedebage dan stasiun Cimekar," katanya.

2. Sudah ada ribuan penumpang Whoosh gunakan Shuttle

Jelang Pengoperasian Whoosh, Dishub Jabar: Akses Shuttle Sudah MantapKepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, A. Koswara

Whoosh sendiri kini masih dilakukan uji coba penumpang selama dua tahap dari 18-30 September 2023. Koswara mengatakan, selama uji coba shuttle bus di Stasiun Tegalluar sudah banyak mengangkut penumpang. Artinya, Pemprov Jabar sudah siap menyambut operasi penuh Whoosh.

"Hasil kemarin beberapa hari pemantauan selama uji coba, Damri sudah mengangkut 1.800 penumpang dari Tegalluar ke Bypass (pool Damri) dan nanti akan seperti itu," katanya.

3. Damri Bandung siap sambut pengoperasian penumpang Whoosh

Jelang Pengoperasian Whoosh, Dishub Jabar: Akses Shuttle Sudah MantapIlustrasi Bus DAMRI layani Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). (dok. Perum DAMRI)

Sementara, GM Damri Bandung, Suranto mengatakan, ribuan penumpang yang mencoba shuttle bus ke Stasiun Tegalluar mulai dari pemberangkatan dan penjemputan. Penumpang juga bisa menggunakan fasilitas shuttle dari Stasiun Gedebage, Sumarecon Bandung, Stasiun Cimekar dan terakhir Tegalluar.

"Ribuan penumpang selama uji coba kemarin itu total dari berangkat dan pulang. Jadi ada yang berangkat dari Pool Damri di Jalan Soekarno-Hatta menuju Tegalluar ada juga sebaliknya," katanya.

Untuk masyarakat yang hendak berangkat ke Stasiun Tegalluar dari Pool Damri Bandung, menggunakan kendaraan pribadi. Suranto menjelaskan, fasilitas parkir juga disediakan secara gratis, tanpa dipungut biaya. Dia juga memastikan, Damri siap sambut operasi penuh Whoosh.

"Pool Damri luas di belakang itu ratusan kendaraan muat. Nginep juga boleh, kan sering. Jadi ada penumpang nginepin mobil di kantor ikut Bus Tegalluar. Sudah ada kok yang nitip. InsyaAllah sudah siap banget," kata dia.

Baca Juga: Punya Stasiun KCJB, Dishub KBB Usulkan Pintu Tol Baru

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB Tegalluar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya