Jelang Natal 2021, Harga Kebutuhan Pokok Kota Bandung Naik

Harga telor dan cabai rawit melambung

Bandung, IDN Times - Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Bandung terpantau naik jelang perayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022. Naiknya harga kebutuhan pokok itu disebabkan karena permintaan yang meningkat.

Beberapa kebutuhan bahan pokok yang mengalami kenaikan yaitu cabe rawit. Kenaikan terjadi dari harga Rp30-40 ribu per kilogram, kini mencapai Rp100 ribu per kilogram. 

Tak hanya itu, terpantau juga harga telur ayam yang sudah menyentuh Rp31 ribu per kilogram. Padahal harga eceran tertinggi (HET) dari pemerintah pusat sebesar Rp24 ribu.

1. Pasokan bahan di pasaran tergolong aman

Jelang Natal 2021, Harga Kebutuhan Pokok Kota Bandung NaikIDN Times/Humas Bandung

Yana Mulyana, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung mengatakan, dengan kondisi harga yang melambung tinggi, jajarannya akan berkoordinasi agar harga kembali normal.

"Hasil pantauan di lapangan sebetulnya pasokan bahan pangan ke Kota Bandung cukup aman. Namun karena ada peningkatan permintaan sehingga dari penyuplai turut ada kenaikan harga," ujar Yana, Kamis (23/12/2021).

2. Kenaikan harga terjadi karena permintaan yang tinggi

Jelang Natal 2021, Harga Kebutuhan Pokok Kota Bandung NaikIDN Times/Humas Kota Bandung

Meski begitu, Yana bilang, ada beberapa bahan pangan yang tidak begitu mengalami kenaikan yang drastis. Hanya saja, dikatakannya, hampir semua bahan pokok di pasar Kota Bandung mengalami kenaikan.

"Tapi kalau dilihat ini sebenarnya bukan karena kekurangan pasokan, karena pasokannya normal dan cukup. Memang dari hulunya saja. Tapi nanti di internal akan berupaya membantu menurunkan harga," bebernya.

3. Yana akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat

Jelang Natal 2021, Harga Kebutuhan Pokok Kota Bandung NaikIDN Times/Galih Persiana

Selain itu, Yana juga akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, mengingat informasi dari sejumlah pedagang menyebutkan kenaikan karena harga dari level pemasok besar yang sudah naik.

"Di sini bagaimana hulunya, karena pedagang di hilir. Jadi kita coba minta pemerintah pusat bantu di hulunya, karena rasanya dari stok aman tidak ada gagal panen," ungkapnya.

4. Disdagin akan tindak lanjuti perintah Yana

Jelang Natal 2021, Harga Kebutuhan Pokok Kota Bandung NaikIDN Times/Yogi Pasha

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengaku akan segera menindaklanjuti instruksi Yana untuk menyiapkan sejumlah skema antisipasi. Salah satunya melalui operasi pasar.

"Pasokan aman, tapi memang ada peningkatan permintaan. Sesuai arahan Pak Plt Wali Kota kami akan memantau terus. Kemarin Pemkot Bandung sudah lakukan operasi pasar minyak goreng bekerja sama dengan Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia)," kata Elly.

Baca Juga: Pemkot Bandung Targetkan Flyover Kopo Rampung April 2022

Baca Juga: Oded Wafat, Ridwan Kamil Beri Arahan dan Semangat PNS Pemkot Bandung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya