Intensitas Hujan Jabar Tinggi, Warga Diminta Tak Abai Ancaman Bencana

Pemprov Jabar diimbau lakukan mitigasi sejak dini

Bandung, IDN Times - Wilayah Jawa Barat (Jabar) saat ini tengah dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar meminta masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) melakukan waspada kebencanaan.

"Imbauan untuk siap siaga atau waspada menghadapi bencana alam, baik untuk masyarakat atau pemerintah. Saya harap masyarakat bisa waspada begitu pun pemda," kata Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Selasa (9/11/2021) malam.

1. Warga juga harus menyiapkan langkah mitigasi kebencanaan

Intensitas Hujan Jabar Tinggi, Warga Diminta Tak Abai Ancaman BencanaIlustrasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Mitigasi kebencanaan harus dilakukan sejak dini. Ineu mengatakan, jangan sampai mitigasi diterapkan telat setelah bencana alam terjadi. Adapun bencana alam akibat musim penghujan yang biasa terjadi di Jabar yaitu banjir dan tanah longsor.

"Intensitas hujan hampir setiap hari seperti di wilayah Bandung. Sehingga bagi warga atau masyarakat yang tinggal di daerah rawan, harus berhati-hati dan waspada agar terhindar dari marabahaya bencana alam," ucapnya.

2. Anggaran mitigasi memang harus disiapkan sejak dini

Intensitas Hujan Jabar Tinggi, Warga Diminta Tak Abai Ancaman BencanaIlustrasi Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Kemudian, ia pun berbicara tentang rencana anggaran mitigasi kebencanaan yang nilainya mencapai Rp500 miliar dari Biaya Tak Terduga atau BTT. Ineu bilang, hal itu merupakan langkah baik karena mengacu pada aturan atau ketetapan pemerintah pusat.

"Memang dengan ada Permendagri (No 20 Tahun 2020) yang menyatakan bahwa BTT jadi perhitungan belanja yang harus dianggarkan, selain untuk COVID-19 tapi juga termasuk bencana alam," kata dia.

3. Wagub Uu Ruzhanul Ulum menyatakan bahwa Pemprov Jabar sidah anggarkan Rp500 miliar

Intensitas Hujan Jabar Tinggi, Warga Diminta Tak Abai Ancaman Bencana@ruzhanul potret Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemprov Jabar telah menyiapkan Rp500 miliar dari BTT 2021. Uu meminta agar masyarakat waspada dalam kondisi musim hujan seperti saat ini.

"Pemprov Jabar mempersiapkan sekitar Rp500 miliar, sesuai arahan pemerintah pusat yang bisa dikeluarkan bila ada permohonan dari kabupaten dan kota," ujar Uu, Rabu (3/11/2021).

Selain provinsi, Uu meminta kepala daerah di kabupaten dan kota turut mengalokasikan BTT untuk kebencanaan. Menurutnya, alokasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam masa pandemik COVID-19.

"Musim hujan sekarang besar dan lama. Ekstrem, saya juga heran. Tapi sedia payung sebelum hujan. Jadi saya juga minta kepada bupati dan walikota untuk menganggarkan dana BTT," ucapnya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Targetkan Perluasan Ekspor Industri Halal

Baca Juga: Buruh Minta Pemprov Jabar Tetapkan UMK 2022 Naik 10 Persen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya