Pemprov Jabar Targetkan Perluasan Ekspor Industri Halal

Ridwan Kamil akan datang ke Dubai Expo 2021

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan memperluas pasar ekspor industri halal ke Uni Emirat Arab. Keseriusan ini dibuktikan dengan keikutsertaan di ajang Dubai Expo 2021.

Dubai Expo sendiri adalah ajang pameran dagang dan investasi yang spektakuler karena digelar dari 2 Oktober 2021-Maret 2022. Ridwan Kamil alias Emil, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, peluang produk dagang dan investasi Jabar menggaet investor sangat terbuka lebar.

"Produk-produk dan tawaran investasi dari Jabar akan dihadirkan di Paviliun Indonesia, selain dari Pemprov Jabar, Dekranasda Jabar, ada juga partisipasi dari beberapa kabupaten/kota di Dubai Expo," ujar Emil, Rabu (27/10/2021).

1. Jabar nantinya akan memamerkan produk-produk unggulan

Pemprov Jabar Targetkan Perluasan Ekspor Industri HalalPekerja memproduksi sepatu Tori berbahan kain tenun di Ruang Produksi Terampil Sejahtera, Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/8/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Pemprov Jabar nantinya akan memamerkan produk-produk unggulan, mulai dari fashion, kriya, produk agribisnis seperti teh dan kopi, hingga pariwisata dan kebudayaan.

Selain itu, ada juga produk-produk kecantikan dan kesehatan, fashion daur ulang, makanan kemasan dan produk halal, yang hadir di Rolling Exibithion Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2021.

2. Angka ekspor mengalami peningkatan

Pemprov Jabar Targetkan Perluasan Ekspor Industri Halal

Sedangkan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, Moh Arifin Soedjayana mengatakan, Dubai Expo 2021 adalah ajang yang tepat untuk mempromosikan dan membidik peluang ekspor ke Timur Tengah khususnya ke wilayah UEA.

"Data menunjukan periode Januari-Juli 2021, ekspor Jawa Barat ke UEA menunjukan kenaikan yang signifikan. Angkanya naik 40,1 persen dibanding periode yang sama 2020 lalu," ungkapnya.

3. Jabar menjadi provinsi yang progresif dalam perkembangan industri halal

Pemprov Jabar Targetkan Perluasan Ekspor Industri Halalgoodnewsfromindonesia.id

Kemudian, Arifin menambahkan, kinerja ekspor non migas di Agustus 2021 mengalami peningkatan sebesar 37.54 persen jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2020. Selain ekspor, Jawa Barat juga bisa menjadi destinasi investasi industri halal.

"Jabar menjadi provinsi yang progresif dalam perkembangan industri halal, jumlah industri kecil menengah (IKM) yang sudah mengantongi sertifikasi halal sudah mencapai 6 ribu lebih IKM pada 2019 lalu,"

“Prospek industri halal di Jabar sangat tinggi, karena itu tepat jika ditawarkan di Dubai Expo," kata dia.

Baca Juga: Bisnis Gelap Vaksinasi Bandung Barat, Wagub Jabar Minta Aparat Tegas

Baca Juga: Genjot Kercepatan Vaksinasi Harian, 12.500 Bidan Jabar Jadi Vaksinator

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya