Hari Terakhir! Besok, Ridwan Kamil Tak Lagi Jadi Gubernur Jawa Barat

Ridwan Kamil kembali menjadi warga sipil biasa

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Jabar akan menjalani tugas terakhirnya sebagai kepala daerah, Senin(4/9/2023). Mulai Selasa(5/9/2023), besok, keduanya akan mengakhiri masa jabatan periode 2018-2023.

Emil mengatakan, beberapa tugas sebagai gubernur Jabar yang kini telah dijadwalkan masih dikerjakan. Dia memastikan tidak akan mengabaikan satupun agenda yang telah disusun oleh pegawai Pemprov Jabar.

"Saya masih ada 4 - 5 agenda menandakan saya tidak berhenti produktivitas kerja sampai magrib, setelah itu mungkin istirahat," ujar Emil, Senin (4/9/2023).

 

1. Ridwan Kamil melakukan serah terima jabatan Selasa pukul 08:00 WIB

Hari Terakhir! Besok, Ridwan Kamil Tak Lagi Jadi Gubernur Jawa BaratIDN Times/Humas Jabar

Selama menjabat lima tahun sebagai Gubernur Jawa Barat, Emil merasakan banyak perubahan yang telah terjadi baik infrastruktur maupun pelayanan pada masyarakat. Adapun Emil akan melakukan serah terima jabatan pada Penjabat atau Pj Gubernur pada besok pagi.

"Besok pagi serah terima di Kemendagri, per jam 08.00 WIB kewenangan saya (sebagai Gubernur) sudah berakhir beralih ke pak Bey," ungkapnya.

2. Setelah serah terima dari Kemendagri Ridwan Kamil resmi jadi warga sipil kembali

Hari Terakhir! Besok, Ridwan Kamil Tak Lagi Jadi Gubernur Jawa BaratIDN Times/Humas Jabar

Emil menambahkan, setelah selesai serah terima jabatan di Kemendagri, nantinya ada beberapa agenda non formal dirinya dengan Pj Gubernur Jawa Barat serta beberapa ASN di lingkungan Pemprov Jabar. Adapun dari agenda tersebut Emil sudah berstatus sebagai warga sipil biasa.

"Siangnya ada serah terima di Gedung Sate mungkin secara formal, dan malam nya Perpisahan dengan seluruh stakeholder masyarakat di salah satu hotel di Bandung," katanya.

3. Bey Machmudin akan menjabat sebagai Pj Gubernur Jawa Barat

Hari Terakhir! Besok, Ridwan Kamil Tak Lagi Jadi Gubernur Jawa BaratDokumen Biro Pers Istana

Untuk diketahui, Pj Gubernur Jawa Barat nantinya akan dipimpin oleh Bey Triadi Machmudin yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Setpres. Bey juga dipilih langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo berdasarkan usulan dari DPRD Jawa Barat dan Kemendagri.

Informasi terpilihnya Bey sudah muncul ke publik sebelum H-1 berakhirnya masa jabatan Gubernur Ridwan Kamil. Kemudian Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin juga membenarkan Bey terpilih sebagai Pj Gubernur Jabar.

"Iya, Pak Bey (Pj Gubernur Jawa Barat), kemarin diputuskan, Presiden memimpin langsung," ujar Ali Mochtar, Jumat (31/8/2023).

Baca Juga: Bey Ditunjuk Sebagai Pj Gubernur Jabar karena Dekat Dengan Istana

Baca Juga: Bey Triadi Pj Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Ada Dua Tugas Menanti

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya