Bey Ditunjuk Sebagai Pj Gubernur Jabar karena Dekat Dengan Istana

Pengamat sudah memprediksi sejak Bey diusulkan oleh DPRD

Bandung, IDN Times - Pengamat Politik Unpad Firman Manan turut menanggapi soal terpilihnya Bey Triadi Machmudin sebagai Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar). Menurutnya hal ini karena faktor kedekatan dengan Istana Kepresidenan.

Sebelum Bey ditunjuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai Pj Gubernur Jabar, Firman mengaku sudah memprediksi bahwa Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Setpres itulah yang akan dipilih Presiden Jokowi.

"Sejak awal justru saya mengatakan bahwa yang berpotensi itu Bey, karena dekat dengan Istana dengan presiden, karena salah satu lingkaran terdekat presiden, dan presiden yang menentukan," kata Firman melalui sambungan telepon, Sabtu 2 September 2023.

1. Penunjukan Bey sama seperti Pj Gubernur DKI

Bey Ditunjuk Sebagai Pj Gubernur Jabar karena Dekat Dengan IstanaDeputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Menurutnya, kondisi ini juga sama dengan penunjukan Pj Gubernur DKI Jakarta, di mana Heru Budi Hartono yang sebelumnya menjabat Kepala Sekretariat Kepresidenan juga ditunjuk Jokowi menggantikan Anies Baswedan.

"Ini polanya seperti Pak Heru di DKI karena bagaimanapun Jabar itu strategis, itu hal yang sangat masuk akal karena ditempatkan di Jabar itu adalah pejabat yang punya kedekatan dengan Presiden," ungkapnya.

2. Kedekatan Bey dengan Istana bisa membantu akselerasi pembangunan Jabar

Bey Ditunjuk Sebagai Pj Gubernur Jabar karena Dekat Dengan IstanaIlustrasi Istana Kepresidenan Jakarta Pusat (IDN Times/Teatrika Putri)

Lebih lanjut, Firman menambahkan, Bey bisa mengoptimalkan jabatan Pj Gubernur dengan berbekal kedekatan dengan lingkaran Istana. Bey menurutnya bisa turut mengakselerasi pembangunan di Jabar khususnya yang berkaitan dengan pemerintah pusat.

"Tapi, itu bisa jadi nilai plusnya dengan harapan kedekatan itu bisa mengakselerasi program yang terkait dengan pemerintah pusat seperti insfrastruktur dan lain," katnya.

3. Bey Machmudin merupakan orang dekat Presiden Jokowi

Bey Ditunjuk Sebagai Pj Gubernur Jabar karena Dekat Dengan IstanaPresiden Jokowi mengajak masyarakat makan di restoran ketika kunjungan kerja (kunker) ke Blora, Jawa Tengah pada Jumat (10/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Untuk diketahui, Bey sendiri merupakan pejabat di ring satu Presiden Jokowi. Dia juga satu almamater dengan Ridwan Kamil yaitu ITB.

Bey diusulkan oleh DPRD Jawa Barat bersama dua nama lainnya yaitu; Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Prof. Asep N Mulyana, serta Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad, Prof. Keri Lestari.

Keputusan Bey menjadi Pj Gubernur Jawa Barat disampaikan langsung oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin. Dia memastikan Bey dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

"Iya, Pak Bey (Pj Gubernur Jawa Barat)," ujar Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), kemarin diputuskan, Presiden memimpin langsung," ujar Ali Mochtar, Jumat (31/8/2023).

Baca Juga: Bey Triadi Pj Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Ada Dua Tugas Menanti

Baca Juga: Bey Triadi Jadi Pj Gubernur Jabar, Punya Harta Capai Rp9 M

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya