Bey Triadi Pj Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Ada Dua Tugas Menanti

Ridwan Kamil titip agar programnya jangan banyak diubah

Bandung, IDN Times - Bey Triadi Machmudin resmi ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden itu akan menjabat hingga setahun ke depan.

Bey sendiri nantinya akan dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersamaan dengan beberapa Pj gubernur dari provinsi lainnya. Menurut Ridwan Kamil, ada dua pekerjaan rumah atau PR yang harus dikerjakan oleh Bey. Pertama infrastruktur jalan dan transportasi publik.

"Ada PR, penguatan publik transportasi, titip pengaspalan jalan yang sudah kami anggaran semaksimal mungkin, sehingga akhir tahun depan infrastruktur harusnya lebih baik," ujar Emil, dikutip Sabtu (2/8/2023).

1. Kondisi Jabar sudah baik dalam berbagai sektor

Bey Triadi Pj Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Ada Dua Tugas MenantiGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Emil berpesan agar Bey tidak banyak melakukan perubahan atas apa yang sudah dikerjakannya selama lima tahun ke belakang. Menurutnya, saat ini Jawa Barat sudah dalam kondisi yang baik dari berbagai sektor.

"Jawa Barat kondisi sangat baik tinggal digas saja, jangan diubah banyak hal, kecuali ada gagasan baru. Sehingga, ketika ASN PNS nya terbaik se-Indonesia, yakin kalau dipertahankan akan membawa Jabar tetap juara dan mudah-mudahan selalu kondusif di era pemilu," katanya.

2. Emil sambut baik pilihan Jokowi

Bey Triadi Pj Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Ada Dua Tugas MenantiJokowi tinjau food estate di Kalimantan Tengah (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, Emil mengatakan, Presiden Jokowi sudah bijak dalam memilih Bey untuk menjabat selaku Pj Gubernur Jabar. Sebab namanya sendiri sudah masuk tiga orang yang diusulkan oleh DPRD Jawa Barat. Hal itu juga ia pikir sudah sesuai dengan aspirasi warga Jabar.

"Dewan kan mengusulkan tiga nama dan Alhamdulillah yang dipilih Pak Presiden tidak keluar dari yang tiga nama diusulkan dewan, menandakan Pak jokowi sangat bijak menampung aspirasi masyarakat Jawa Barat," kata dia.

3. Bey satu almamater ITB dengan Ridwan Kamil

Bey Triadi Pj Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Ada Dua Tugas MenantiGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk diketahui, Bey sendiri merupakan pejabat di ring satu Presiden Jokowi. Dia juga satu almamater dengan Ridwan Kamil yaitu ITB.

Bey diusulkan oleh DPRD Jawa Barat bersama dua nama lainnya yaitu; Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Prof Asep N Mulyana, serta Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad, Prof Keri Lestari.

Keputusan Bey menjadi Pj Gubernur Jawa Barat disampaikan langsung oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin. Dia memastikan Bey dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

"Iya, Pak Bey (Pj Gubernur Jawa Barat)," ujar Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), kemarin diputuskan, Presiden memimpin langsung," ujar Ali Mochtar, Jumat (31/8/2023). 

Baca Juga: Bey Machmudin Jadi Pj Gubernur Jabar Gantikan Ridwan Kamil

Baca Juga: Jadi Pj Gubernur Jabar, DPRD Belum Dapat Surat Resmi Bey Machmudin

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya