Dishub Jabar Minta Pemkot Bandung Segera Bangun Halte Cimekar

Halte Cimekar penting untuk akses pendukung penumpang Whoosh

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat akan mengirimkan surat pada Pemerintah Kota Bandung mengenai belum tersedianya halte shuttle untuk penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh di Stasiun Cimekar.

Kepala Dishub Jabar, A. Koswara mengatakan, Pemkot Bandung harus turut membangun fasilitas pendukung untuk pengoperasian penuh Whoosh pada bulan depan. Sebab saat ini untuk akses Stasiun Cimekar Pemkot Bandung belum dibuat halte.

"Di Stasiun Cimekar perlu ada pedestarian dari stasiun ke halte dan perlu dibangun halte. Nanti kita surati Pemkot Bandung, karena ini tanah punya pemkot," ujar Koswara, Selasa (26/9/2023).

1. Dishub Jabar juga akan koordinasi dengan Pemkot Bandung soal Bandros

Dishub Jabar Minta Pemkot Bandung Segera Bangun Halte CimekarKepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, A. Koswara (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, Koswara menjelaskan, Dishub Jawa Barat juga akan berkoordinasi dengan Pemkot Bandung soal Bus Bandros untuk memberikan fasilitas penumpang KCJB yang hendak berkeliling Kota Bandung. Namun fasilitas ini akan diberikan dari Pool Damri.

"Kami sarankan Bandros di pool jadi dari pool ke kota pakai Bandros, nanti kita koordinasikan dengan kota bandung jadi di Stasiun Tegalluar gak terlalu banyak armada," ucapnya.

2. Masyarakat bisa titipkan kendaraan di Pool Damri Bandung

Dishub Jabar Minta Pemkot Bandung Segera Bangun Halte CimekarUji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Koswara mengatakan, akses perhubungan untuk menyambut pengoperasian penuh Whoosh pada awal Oktober 2023 telah siap. 12 bus Shuttle yang terdiri dari delapan Damri dan empat Bluebird telah dipersilahkan untuk mengangkut penumpang Whoosh.

"Jadi masyarakat yang akan menggunakan kereta cepat dari Tegalluar, dia menyimpan kendaraan di pool Damri disitu kemudian naik shuttle kesini (Tegalluar). Kemudian stasiun kereta yang dilayani jalur Damri itu ada stasiun Gedebage dan stasiun Cimekar," katanya.

3. Akses pendukung untuk Whoosh sudah, dilakukan uji coba

Dishub Jabar Minta Pemkot Bandung Segera Bangun Halte CimekarUji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jiping secara virtual. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Whoosh sendiri kini masih dilakukan uji coba penumpang selama dua tahap dari 18-30 September 2023. Koswara mengatakan, selama uji coba shuttle bus di Stasiun Tegalluar sudah banyak mengangkut penumpang. Artinya, Pemprov Jabar sudah siap menyambut operasi penuh Whoosh.

"Hasil kemarin beberapa hari pemantauan selama uji coba, Damri sudah mengangkut 1.800 penumpang dari Tegalluar ke bypass (pool Damri) dan nanti akan seperti itu," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Janji Hidupkan Stasiun KCJB Tegalluar

Baca Juga: Tanpa Rombongan Lengkap, Jokowi Tinjau Depo KCJB Tegalluar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya