Disdik Jabar Targetkan Program Gotong Royong Sentuh 1,2 Juta Siswa

Disdik apresiasi siswa dalam jalankan program ini

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) menargetkan program rantang siswa bisa menyentuh 1,2 juta masyarakat. Program ini diharapkan bisa menumbuhkan gotong royong antar siswa selama ramadan 1443 Hijriah.

Dedi Supandi, Kepala Disdik Jabar mengatakan, rantang siswa pada tahun kemarin mencapai 634 ribu. Sedangkan, target awalnya ada di 88 ribu. Sehingga, dalam ramadan kali ini target dinaikkan dari tahun sebelumnya.

"Target tahun ini bisa mencapai 1,2 juta rantang siswa yang akan dibagikan kepada seluruh masyarakat di Jabar. Setelah itu mereka akan melakukan penyebaran informasi untuk mengabarkan budaya baik ke beberapa medsos termasuk ke Instagram-nya masing-masing" ujar Dedi, Selasa (19/4/2022).

1. Program ini dilakukan dari tahun kemarin

Disdik Jabar Targetkan Program Gotong Royong Sentuh 1,2 Juta SiswaDedi Supandi, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Rantang siswa ini merupakan program di mana para siswa-siswi menyisihkan rezekinya untuk berbagi kepada sesama. Dedi bilang, siswa juga harus meluangkan waktunya untuk memasak dan menghidangkan satu menu makanan yang lengkap dengan gizi di dalamnya.

"Kita lakukan seperti tahun kemarin, anak didik/pelajar ada yang masak sendiri, ada yang mereka patungan untuk berbagi lewat kelompok Osis atau yang lainnya," ungkapnya.

2. Masakan banyak yang tidak digoreng menggunakan minyak

Disdik Jabar Targetkan Program Gotong Royong Sentuh 1,2 Juta Siswa/Fb Disdik Jabar

Dedi menjelaskan, kegiatan rantang siswa ini juga dimaksudkan sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat tidak hanya bergantung kepada minyak goreng ketika membuat hidangan makanan.

"Rantang siswa ini justru mencoba mengolah bahan makanan lain yang mereka tidak menggunakan minyak goreng. Itu juga upaya kita untuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa makanan yang tidak menggunakan minyak pun bisa lebih sehat," kata dia.

3. Rantang siswa merupakan program kedua

Disdik Jabar Targetkan Program Gotong Royong Sentuh 1,2 Juta Siswa/Fb Disdik Jabar

Sedangkan, Ketua Oasis SMKN 9 Kota Bandung, Muhammad Rakha Purna mengatakan, kegiatan rantang siswa ini merupakan tahun kedua. Sebelumnya, kegiatan itu hanya dilakukan di rumah dan dibagikan kepada tetangga karena kondisi pandemi COVID-19 yang masih merebak.

"Rantang siswa ini tahun kedua, kita ngebagiinnya di daerah sekolah. Kita membuat sendiri di dapur sekolah karena kita juga punya jurusan tata boga. Kita membagikan sendiri di daerah sekolah kepada yang membutuhkan seperti driver ojol, sopir angkot dan lainnya," kata Rakha.

4. Masakan yang diberikan tidak asal-asalan

Disdik Jabar Targetkan Program Gotong Royong Sentuh 1,2 Juta Siswa/Fb Disdik Jabar

Dalam program tersebut, sebanyak 100 boks berhasil dihidangkan oleh para siswa-siswi SMKN 9 Kota Bandung ini. Mereka juga tak lupa untuk mementingkan gizi dari masakannya itu, sehingga masakan yang diberikan tidak sembarang makanan.

"Menunya komplit karena kita di tata boga juga mementingkan ilmu gizi yang tinggi pasti ada karbohidrat, vitamin, dan proteinnya lengkap. Takjilnya ada karena kita sedang bulan puasa," jelasnya.

Baca Juga: Selain Antikorupsi, Disdik Jabar Keluarkan 2 Kurikulum Pandidikan Baru

Baca Juga: Stand Up Comedy 'Bodas', 10 Finalis Berhasil Dongkrak Kebahagiaan Disdik Jabar 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya