Dinkes Kota Bandung: Imunitas Tubuh Naik Enggak Harus Nonton Bioskop

Disbudpar dan Dinkes Bandung beda pandangan soal bioskop

Bandung, IDN Times - Relaksasi sembilan bioskop di Kota Bandung sudah dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) sejak Jumat (9/10/2020). Meski sudah beroperasi, kebijakan tersebut ternyata tidak sebanding dengan pernyataan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

Kepala Dinkes Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, dalam mencari kebahagiaan untuk menaikkan imun tubuh bisa dilakukan dengan tidak hanya menonton bioskop secara langsung.

1. Bahagia bisa dengan saling berbagi pikiran positif

Dinkes Kota Bandung: Imunitas Tubuh Naik Enggak Harus Nonton BioskopIlustrasi Bioskop di era New Normal (ANTARA FOTO/REUTERS /Jorge Silva)

Ia menjelaskan, menaikkan imun tubuh bisa dengan terus berpikir positif dan bertukar pikiran dengan orang lain. Bioskop menurutnya, hanya salah satu cara untuk menaikkan imun tubuh dan bukan jalan satu-satunya.

"Kan kebahagiaan bisa dicari dari apa saja tidak hanya menonton, jadi mungkin bisa saja kita dari berpikir positif olahraga dengan baik kita bisa tukar pikiran. Bahagia itu ada dari beberapa cara itu saja," ujar Rita pada awak media di Pemkot Bandung, Selasa (13/10/2020).

2. Dinkes minta protokol kesehatan benar-benar dilakukan dengan ketat

Dinkes Kota Bandung: Imunitas Tubuh Naik Enggak Harus Nonton BioskopUnsplash.com/Krists Luhaers

Meski dinilai berisiko, Rita mengaku, semua keputusan ada pada masyarakat. Dirinya tidak bisa memaksa bahwa datang dan menonton bioskop adalah hal yang aman dari penyebaran virus corona.

"Ini warga bisa menilai sendiri, saya tidak bisa memaksa minimal dua jam di ruangan itu dan ini memang harus ketat protokol kesehatannya," katanya.

3. Disbudpar klaim pembukaan bioskop untuk menaikkan imunitas masyarakat

Dinkes Kota Bandung: Imunitas Tubuh Naik Enggak Harus Nonton BioskopIDN Times/Debbie Sutrisno

Seperti diketahui, Kepala Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, relaksasi bioskop dilakukan dengan alasan dapat membuat bahagia warga di tengah pandemik virus corona.

Ia menuturkan, berlandaskan keterangan para ahli, pembukaan bioskop juga dapat mendukung kesehatan jiwa dan mental masyarakat di tengah kondisi seperti saat ini. Selain itu, angka reproduksi COVID-19 di Kota Bandung juga belum di angka satu.

"Seseorang yang bahagia itu daya imun nya bisa meningkat. Kota Bandung tidak hanya berupaya meningkatkan pengendalian terhadap penularan Covid, tapi juga berusaha menciptakan kebahagiaan non-fisik bagi warga nya. Intinya sih itu," ungkapnya.

4. Saat ini ada sembilan bioskop di mal sudah dibuka Pemkot Bandung

Dinkes Kota Bandung: Imunitas Tubuh Naik Enggak Harus Nonton BioskopDokumen Pribadi

Adapun sembilan bioskop yang akan diizinkan beroperasi ini, dikatakan Kenny, ada di beberapa tempat atau mal di sekitaran pusat Kota Bandung. Meski begitu, nantinya tidak menutup kemungkinan ada beberapa bioskop lain yang akan buka juga.

"CGV PVJ, CGV Miko Mall, CGV BEC, CGV Paskal, CGV Metro Indah Mall, CGV Kings, XXI Ciwalk, XXI Ubertos dan Cinepolis Istana Plaza. Ada yang belum mengajukan," jelasnya.

Adapun keputusan pembukaan bioskop juga sudah berdasarkan Peraturan Wali Kota nomor 46 tahun 2020, di mana dalam pasal 24 menyatakan bahwa dalam pelaksanaan AKB sejumlah kegiatan usaha tertentu terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari Wali Kota Bandung. Salah satu poinnya adalah sektor tempat hiburan yaitu tempat bioskop.

Baca Juga: Buka Saat Pandemik COVID-19, Bioskop Kota Bandung Sepi Pengunjung 

Baca Juga: Bioskop Buka di Zona Merah, Emil: Pemkot Bandung Harus Tanggung Jawab!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya