Bioskop Buka di Zona Merah, Emil: Pemkot Bandung Harus Tanggung Jawab!

Pemkot Bandung relaksasi 9 bioskop di saat zona merah

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Pemerintah Kota Bandung bertanggung jawab jika ada lonjakan kasus virus corona (COVID-19) pasca diizinkannya bioskop beroperasi di tengah status zona merah, Jumat (9/10/2020).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, kebijakan pembukaan bioskop merupakan kewenangan wilayah masing-masing. Namun, pemerintah daerah harus bertanggung jawab dengan kebijakan ini.

"Itu kebijakan lokal, kami monitor saja. Pada prinsipnya harus bertanggung jawab terhadap apa yang diputuskan," ujar Emil dalam jumpa pers di Gedung Pakauan, Jumat(9/10/2020).

1. Semoga teori dan kebijakannya benar

Bioskop Buka di Zona Merah, Emil: Pemkot Bandung Harus Tanggung Jawab!Unsplash.com/Krists Luhaers

Pria yang akrab dengan sapaan Emil ini menuturkan, selama berpegang pada aturan yang berlaku dan dilandasi dengan teori yang dinilai benar, menurutnya tidak jadi soal. Akan tetapi, ia menegaskan, pemerintah daerah tetap harus tanggung jawab jika terjadi kasus baru penyebaran COVID-19.

"Kalau ternyata aman ya teori dan benar, kalau nggak harus bertanggung jawab terhadap perkiraan yang keliru," singkatnya.

2. Ada penurunan angka reproduksi corona selama pekan ini

Bioskop Buka di Zona Merah, Emil: Pemkot Bandung Harus Tanggung Jawab!Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Seperti diketahui, pembukaan bioskop ini dilakukan Pemkot Bandung dengan alasan membuat bahagia warga di tengah status Kota Bandung yang kini ada di zona merah.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, meski dalam kondisi zona merah, beberapa hari lalu angka reproduksi virus corona (COVID-19) mulai menurun.

"Pada Rabu 7 Oktober 2020 angka reproduksi atau penularan COVID-19 di Bandung berada di 0,64 atau turun 0,19 dari Selasa 6 Oktober 2020," ujar Kenny saat dihubungi.

3. Alasan bioskop dibuka diklaim bisa menaikkan imunitas masyarakat

Bioskop Buka di Zona Merah, Emil: Pemkot Bandung Harus Tanggung Jawab!Ilustrasi

Kenny menuturkan, berlandaskan keterangan para ahli, pembukaan bioskop juga dapat mendukung kesehatan jiwa dan mental masyarakat di tengah kondisi seperti saat ini. Selain itu, angka reproduksi COVID-19 di Kota Bandung juga belum di angka satu.

"Seseorang yang bahagia itu daya imun nya bisa meningkat. Kota Bandung tidak hanya berupaya meningkatkan pengendalian terhadap penularan Covid, tapi juga berusaha menciptakan kebahagiaan non-fisik bagi warga nya. Intinya sih itu," ungkapnya.

4. Sembilan bioskop di Bandung buka saat Zona Merah

Bioskop Buka di Zona Merah, Emil: Pemkot Bandung Harus Tanggung Jawab!Ilustrasi Bioskop di Era New Normal (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sembilan bioskop yang akan diizinkan beroperasi ini, dikatakan Kenny, ada di beberapa tempat atau mal di sekitaran pusat Kota Bandung. Meski begitu, nantinya tidak menutup kemungkinan ada beberapa bioskop lain yang akan buka juga.

"CGV PVJ, CGV Miko Mall, CGV BEC, CGV Paskal, CGV Metro Indah Mall, CGV Kings, XXI Ciwalk, XXI Ubertos dan Cinepolis Istana Plaza. Ada yang belum mengajukan," jelasnya.

Adapun keputusan pembukaan bioskop juga sudah berdasarkan Peraturan Walikota nomor 46 tahun 2020, dimana dalam pasal 24 menyatakan bahwa dalam pelaksanaan AKB sejumlah kegiatan usaha tertentu terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari Wali Kota Bandung. Salah satu poinnya adalah sektor tempat hiburan yaitu tempat bioskop.

Baca Juga: Bandung Zona Merah, Sembilan Bioskop Malah Diizinkan Buka Hari Ini

Baca Juga: Segera Dibuka, Sekda Bandung Minta Pengelola Bioskop Jual Tiket Online

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya