Bandung Zona Merah, Sembilan Bioskop Malah Diizinkan Buka Hari Ini

Bioskop diklaim bisa naikan imunitas tubuh

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung resmi mengizinkan sembilan bioskop beroperasi mulai hari ini, Jumat (9/10/2020). Pembukaan bioskop ini dilakukan dengan alasan membuat bahagia warga di tengah status Kota Bandung yang kini ada di zona merah penyebaran virus corona.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, meski dalam kondisi zona merah, beberapa hari lalu angka reproduksi virus corona (COVID-19) mulai menurun.

"Pada Rabu 7 Oktober 2020 angka reproduksi atau penularan COVID-19 di Bandung berada di 0,64 atau turun 0,19 dari Selasa 6 Oktober 2020," ujar Kenny saat dihubungi.

1. Pembukaan dinilai aman karena angka reproduksi COVID-19 Bandung masih di bawah satu

Bandung Zona Merah, Sembilan Bioskop Malah Diizinkan Buka Hari Inipexels.com/cottonbro

Kenny menuturkan, berlandaskan keterangan para ahli, pembukaan bioskop juga dapat mendukung kesehatan jiwa dan mental masyarakat di tengah kondisi seperti saat ini. Selain itu, angka reproduksi COVID-19 di Kota Bandung juga belum mencapai angka satu.

"Seseorang yang bahagia itu daya imunnya bisa meningkat. Kota Bandung tidak hanya berupaya meningkatkan pengendalian terhadap penularan COVID, tapi juga berusaha menciptakan kebahagiaan non-fisik bagi warga nya. Intinya sih itu," ungkapnya.

2. Ada sembilan bioskop diizinkan buka hari ini

Bandung Zona Merah, Sembilan Bioskop Malah Diizinkan Buka Hari IniIlustrasi Bioskop di Era New Normal (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sembilan bioskop yang akan diizinkan beroperasi ini, dikatakan Kenny, ada di beberapa tempat atau mal di sekitaran pusat Kota Bandung. Meski begitu, nantinya tidak menutup kemungkinan ada beberapa bioskop lain yang akan buka juga.

"CGV PVJ, CGV Miko Mall, CGV BEC, CGV Paskal, CGV Metro Indah Mall, CGV Kings, XXI Ciwalk, XXI Ubertos dan Cinepolis Istana Plaza (yang diizinkan kembali beroperasi). Ada yang belum mengajukan," katanya.

Adapun keputusan pembukaan bioskop juga sudah berdasarkan Peraturan Walikota nomor 46 tahun 2020, di mana dalam pasal 24 menyatakan bahwa dalam pelaksanaan AKB sejumlah kegiatan usaha tertentu terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari Wali Kota Bandung. Salah satu poinnya adalah sektor tempat hiburan yaitu tempat bioskop.

3. Pembukaan bioskop berbanding terbalik dengan rencana mini lockdown

Bandung Zona Merah, Sembilan Bioskop Malah Diizinkan Buka Hari IniMini lockdown di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F).

Meski demikian, keputusan pembukaan bioskop itu berbanding terbalik dengan keputusan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) atau mini lockdown yang sebelumnya akan diterapkan oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 beberapa hari lalu.

Berdasarkan informasi yang di terima IDN Times, mini lockdown akan diterapkan di sepuluh kelurahan dengan jumlah kasus positif virus corona (COVID-19) yang banyak. Adapun saat ini teknis masih sedang dirapatkan oleh Gugus Tugas COVID-19.

4. Mini lockdown akan diterapkan di sejumlah RW

Bandung Zona Merah, Sembilan Bioskop Malah Diizinkan Buka Hari IniMini lockdown di Kota Cimahi. (IDN Times/Bagus F)

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, saat ini ada sekitar 58 hingga 59 kelurahan yang tercatat memiliki kasus terkonfirmasi positif COVID-19 aktif di Kota Bandung. Namun ia memastikan jumlahnya tidak mendominasi seluruh kelurahan di Kota Bandung.
 
"Dari satu kelurahan itu nanti tidak diambil PSBMK satu kelurahannya. Tapi itu tidak banyak. Contoh dalam satu kelurahan itu ada tujuh RW, dan yang ada kasusnya cuma dua, jadi yang dua itu diterapkan PSBM-nya," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Diminta Tiru Kebijakan PSBM Kota Bogor

Baca Juga: Segera Dibuka, Sekda Bandung Minta Pengelola Bioskop Jual Tiket Online

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya